nusabali

Tes CPNS di Berbagai Kota Ditunda

  • www.nusabali.com-tes-cpns-di-berbagai-kota-ditunda

Pemberitahuan mendadak, Banyak peserta dari luar kota kecewa

SEMARANG, NusaBali

Sebanyak 3.000 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 kecewa atas diundurnya seleksi kompetensi dasar (SKD) yang diselenggarakan kemarin, Jumat (26/10) di kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal serupa juga terjadi di sejumlah daerah, seperti Yogya, Magelang, Aceh, Semarang, Magelang, dan Pare (Kediri).

Salah satu peserta tes, Miftahus Sururi (34) mengatakan bahwa ia merasa kecewa karena perubahan jadwal mendadak ini. "Sebelumnya tidak ada pemberitahuan, padahal saya sampai lokasi pukul 08.00 WIB," ujar Miftahus pada Jumat (26/10) seperti dilansir kompas.

Miftahus mengungkapkan, banyak peserta yang kecewa karena sebagian besar peserta berasal dari luar kota. "Tentunya banyak yang kecewa banget ya, karena peserta dari jauh-jauh. Ada yang dari Brebes, Sulawesi, dan lainnya, pada menginap di situ" ujar Miftahus.

Awalnya, tes SKD yang diselenggarakan kemarin terdiri dari tiga tahap gelombang atau sesi tes. Menurut Surat Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jateng, gelombang 1 pukul 07.00 WIB, gelombang 2 pukul 09.00 WIB, dan gelombang 3 pukul 13.30 WIB.

Menanggapi pengunduran jadwal tes SKD CPNS 2018 ini, BKD Jateng mengumumkan perubahan jadwal tes. Berdasarkan penuturan Miftahus, untuk gelombang 1, diundur menjadi Minggu (28/10) pukul 18.30 WIB, gelombang 2 menjadi Senin (29/10) pukul 07.00 WIB, dan gelombang 3 diundur Selasa (30/10) pukul 18.30 WIB.

Penundaan tes juga terjadi di Banda Aceh. Pemberitahuan penundaan jadwal tes itu terjadi ketika semua peserta yang berseragam kemeja putih dan celana hitam itu hendak memasuki ruang tes.

Peserta tes CPNS dari Jakarta, Ayu Shinta Utari, mengaku kecewa dibatalkannya tes. Apalagi, katanya, pengumuman tes dikeluarkan sehari sebelum pelaksanaan tes dimulai.

 Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh, Makmur Ibrahim, penundaan pelaksanaan tes akibat perangkat komputer yang terpasang belum sempurna dan laptop yang ada baru datang sore kemarin.

Penundaan tes SKD CPNS juga terjadi di Semarang dan Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Tes CPNS di Ungaran yang semula digelar Jumat-Selasa (26-30/10) terkendala masalah teknis hingga jadwalnya harus diubah pada 1-5 November mendatang.

Sedangkan, tes di Magelang yang rencana digelar 26-27 Oktober diubah menjadi 15-16 November. Pelaksanaan tes CPNS di Pare, Kediri, ditunda lantaran jaringan komputer pada panitia rekrutmen CPNS tak berfungsi sama sekali.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Surabaya Tauchid Sudjatmiko membenarkan penundaan tes CPNS tersebut. "Di Kediri kami tunda besok karena masalah teknis," ujar Tauchid saat dihubungi Okezone, Jumat (26/10). *

Komentar