nusabali

Wajib Rekrut Tenaga Lokal

  • www.nusabali.com-wajib-rekrut-tenaga-lokal

Dari 1.200 KK di Desa Gunaksa, sebelumnya 60 persen jadi penambang galian C. 

Dermaga Gunaksa Segara Dioperasikan 

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung tengah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mengoperasikan dermaga di eks Galian C Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung. Dermaga akan diuji coba pada Juni 2016. Warga Gunkasa berharap Pemkab Klungkung mempekerjakan tenaga lokal untuk pengoperasian dermaga ini. 

Apalagi dari 1.200 kepala keluarga (KK) di Desa Gunaksa, 60 persennya sempat mengais nafkah jadi penambang di areal galian C Desa Gunaksa. Hanya saja karena sudah ditertibkan oleh pemerintah, sejak 2011 aktivitas penambangan terhenti.Untuk menghidupi keluarga, para penambang ini terpaksa beralih pekerjaan menjadi buruh, pedagang dan sebagainya. Bahkan sekitar 5 persen ada yang masih menganggur. 

“Kalau nantinya dermaga beroperasi, kami harap Pemkab mengutamakan merekrut tenaga kerja lokal,” harap Perbekel Gunaksa I Ketut Budiarta, Selasa (5/4). Kata dia, semenjak Pemkab menggaungkan bakal melakukan uji coba dermaga tersebut sejak beberapa waktu lalu. Sejumlah warga sempat mendatanginya, untuk mempertanyakan apakah ada lowongan pekerjaan bagi warga lokal. “Hal itu tentu akan kami perjuangkan kepada Pemkab nantinya, yang jelas disesuaikan dengan kemampuan dan bidang masing-masing,” katanya.

Budiarta menambahkan dengan dioperasikan dermaga ini, tentu bakal menambah pendapatan asli daerah (PAD) Klungkung. Karena selama ini warga Klungkung lebih banyak menggunakan jalur penyeberangan ke daerah lain. Selain itu otomatis perekonomian masyarakat sekitar akan terangkat, karena akan banyak warga yang melewati jalur tersebut. “Mudah-mudahan dermaga ini segera beroperasi,” harapnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebelumnya mengatakan, ketika dermaga tersebut beroperasi bakal mengutamakan untuk menyerap tenaga lokal sesuai dengan bidang masing-masing. Terutama untuk tenaga penunjang antara lain, cleaning service, tukang kebun, satpam, penjual tiket dan sebagainya. “Nanti akan kita kaji, saat ini kita masih fokus pembenahan sarana dan prasarana,” ujarnya.

Rencananya Dermaga Gunaksa akan diuji coba pengoperasiannya pada awal bulan Juni 2016. Untuk memastikan kesiapannya Bupati Suwirta sudah mengecek ke dermaga, Senin (4/4) pagi. Diawali dengan mengamati jalan sementara/eksisting yang berlubang di beberapa titik serta beberapa bagian jalan yang belum rata dan posisinya sangat rendah, kondisi ini mengakibatkan jalan mudah tergenang ketika air sungai meluap.

Bupati Suwirta sudah memerintahkan Kabid Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Klungkung Wellem Supriyono dan Dinas PU untuk segera menangani dengan cara meratakan dan peningkatan ketinggian jalan eksisting. “Persiapan perbaikan jalan eksisting menuju dermaga harus segera diperbaiki, saya tidak ingin ditunda lagi mengingat uji coba pengoperasian dermaga akan segera dilakukan,” tegas Bupati Suwirta.

Kabid Sarana Prasarana Wellem Supriyono menyampaikan rencana pembukaan mulut aliran muara di sisi barat dermaga akan segera dilakukan dengan menggunakan alat berat. Langkah ini untuk pengurangan debit air agar tidak menggenangi jalan dan menggerus sisi timur dermaga. 7 w

Komentar