nusabali

Komisi IV Perjuangkan Penyandang Disabilitas

  • www.nusabali.com-komisi-iv-perjuangkan-penyandang-disabilitas

Ketua Komisi IV DPRD Karangasem, I Nyoman Musna Antara, menyerahkan buku tabungan kepada sejumlah penderita disabilitas di Banjar Tunas Sari, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Selasa (4/9).

AMLAPURA, NusaBali

Penyerahan buku tabungan itu merupakan perjuangan Komisi IV DPRD Karangasem agar penyandang disabilitas dapat bantuan untuk biaya hidup secara rutin. Mereka akan menerima bantuan sebesar Rp 3,6 juta per tahun mulai tahun 2019.

Musna Antara mengatakan masih banyak penyandang disabilitas di Karangasem yang belum tersentuh bantuan. Ia akan menjajagi dan merekomendasikan para penyandang disabilutas ke Dinas Sosial untuk ditindaklanjuti. Sebanyak 15 penyandang disabilitas telah diperjuangkan dan telah mendapatkan buku rekening, semuanya dari Kecamatan Kubu.

Sementara Kepala Dinas Sosial Karangasem, Ni Ketut Puspa Kumari, mengakui telah ada usulan dari Komisi IV dan telah pula ditindaklanjuti. “Data penyandang disabilitas dari masyarakat kurang mampu tiap tahun diperbaharui. Makanya datanya terus mengalami penambahan,” jelas Puspa Kumari. Ia menegaskan, penyandang disabilitas yang telah dapat bantuan sebanyak 399 jiwa total bantuan Rp 798 juta.

Menurut Puspa Kumari, jumlah penderita disabilitas di Karangasem terus meningkat. Sesuai pendataan terakhir tahun 2018 sebanyak 3.628 jiwa, meningkat dibandingkan tahun 2017 sebanyak 2.461 jiwa. Mengingat keterbatasan anggaran sehingga belum bisa seluruhnya dapat bantuan. Penyandang disabilitas yang terdata di antaranya cacat tubuh sebanyak 1.217 jiwa, cacat netra sebanyak 347 jiwa, cacat mental sebanyak 416 jiwa, cacat tuli bisu 329 jiwa, cacat ganda 102 jiwa, dan lain-lain. *k16

loading...

Komentar