nusabali

Menpar Buka Sanur Village Festival 2018

  • www.nusabali.com-menpar-buka-sanur-village-festival-2018

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya membuka Sanur Village Festival (SVF) ke-13 Tahun 2018 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar Selatan, Kamis (23/8).

Masuk 10 Top Event Wonderful Indonesia 2018

DENPASAR, NusaBali
Arief berharap Sanur terus melakukan upaya pelestarian lingkungan dan budaya untuk keberlangsungan pariwisata di kawasan pantai ini. Tahun ini, SVF juga masuk dalam 10 Top Event Wonderful Indonesia 2018.

Hal itu diungkapkan Arief Yahya dalam sambutannya bersama Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga dan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose. "Hingga kini Sanur tetap menjadi model community based tourism dan saya selalu berpesan kepada daerah lain jika ingin belajar tentang pariwisata berbasis komunitas datanglah ke Sanur," katanya.

Kata Arief, SVF ini telah menjadi trending topic secara nasional. Kondisi ini diharapkan mendorong kunjungan wisatawan ke Sanur maupun Bali secara umum, akan semakin meningkat. Arief mengatakan kunjungan wisatawan ke Bali telah pulih pasca erupsi Gunung Agung tahun lalu. Pemulihan ini memerlukan waktu sekitar 6 bulan dan puncaknya selama Juli 2018 tercatat kunjungan 635.000 wisman.

Dia berharap kondisi tersebut terus dipertahankan untuk mencapai target kunjungan wisman ke Bali tahun ini, yakni 6 juta orang. Bahkan jika angka kunjungan Juli tersebut bisa dipertahankan, tak sulit mencapai target Bali 2019, yakni 8 juta wisman.

Sementara Ketua Umum Sanur Village Festival (SVF), Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan dari kegiatan tahunan yang mulai digelar tahun 2006 silam itu kini Sanur bisa merasakan kedekatan dunia seni, budaya, pariwisata, dan kreatif dengan kesadaran masyarakat Sanur yang terus ingin berbenah menuju yang terbaik bagi desanya.

Kata dia didukung seluruh warga Sanur, festival ini selalu ditunggu banyak orang ditandai dengan parameter semakin banyaknya peserta, meningkatnya kunjungan wisatawan, kian bertumbuhnya kreativitas baru dari warga serta bermunculannya bisnis kreatif. Seremonial pembukaan festival ini dilakukan pada malam kedua, Kamis (23/8) karena hari pertama, Rabu (22/8/2018) bersamaan dengan Hari raya Idul Adha. *mi

Komentar