nusabali

Tampilkan Kolosal Budaya Lokal

  • www.nusabali.com-tampilkan-kolosal-budaya-lokal

Dalam Opening Ceremony itu menampilkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia. Kami berkolaborasi dengan musisi, tim kreatif dan tim produksi terbaik Indonesia.

Upacara Pembukaan Asian Games 2018, Sabtu Malam Ini


JAKARTA, NusaBali
Opening ceremony Asian Games 2018 dijanjikan sebagai aksi panggung yang spektakuler. Bernuansa kolosal budaya khas Indonesia dan diklaim mengalahkan olimpiade.

Ya, Asian Games digelar di Jakarta Palembang, dengan diikuti sekitar 11 ribu atlet dari 45 negara.Pesta olahraga terbesar di Asia itu akan dibuka secara resmi pada Sabtu (18/8) malam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Upacara pembukaan diklaim sebagai sajian kolosal bernuansa sangat Indonesia. Penanggungjawab koreografi Denny Malik pun menyebutkan  pementasan itu didukung sekitar lima ribu penari, yang berlatih selama enam bulan.

"Kami melakukan persiapan sejak Februari 2018. Persiapan meliputi pencarian penari dari sekolah-sekolah DKI Jakarta dan melakukan penyeleksian selama satu bulan," ujar Denny Malik di detikSport, Jumat (17/8).

Sekitar lima ribu penari itu dari 18 Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta. Dari jumlah itu, 2.200 di antaranya ditangani Denny, sedangkan 1.800 lainnya dibesut koreografer Eko Supriyanto. Untuk memoles sisa-siswi SMA itu, Denny melibatkan 50 pelatih tari.

"Dalam Opening Ceremony itu sangat penting bagi kami menampilkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia. Kami berkolaborasi dengan musisi, tim kreatif dan tim produksi terbaik Indonesia," kata Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama Kusubandio, dalam rilisnya.

Panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) sendiri menutup rapat persiapan kepada publik. Mereka menggelar latihan secara tertutup di SUGBK. Bahkan sedikit informasi disampaikan lewat bocoran sejumlah kru lewat media sosial.

Dari situs resmi Asian Games menyebut acara itu bertema Feel The Energy of Asia yang dipentaskan di atas panggung raksasa dengan panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tingginya 26 meter. Di atas panggung itu dibangun miniatur pegunungan dengan tanaman khas Indonesia.

Panggung digarap gabungan seniman Bandung dan jakarta itu bakal menjadi tempat pentas 4.000 penari dan diiringi musik garapan Addie MS dan Ronald Steven. Sederet penyanyi pun tampil di panggung itu, di antaranya GAC, Raisa, Ariel Noah, Anggun, Tulus, dan Via Vallen. *ant

Komentar