nusabali

BPPD Denpasar Laksanakan 'Sales Mission' ke Moscow, Russia

  • www.nusabali.com-bppd-denpasar-laksanakan-sales-mission-ke-moscow-russia
  • www.nusabali.com-bppd-denpasar-laksanakan-sales-mission-ke-moscow-russia

BADAN Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Denpasar perlu lebih gencar melakukan promosi pariwisata pascaerupsi Gunung Agung.

Pasalnya, erupsi gunung tertinggi di Bali tersebut menyebabkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Denpasar sempat stagnan. Gayung bersambut, kesempatan itu datang seiring dengan adanya undangan dari Kedubes Republik Indonesia di Moscow untuk menghadiri kegiatan Russia-Indonesia Business  Forum yang dirangkaikan dengan Festival Indonesia di Kota Moscow.

“Kesempatan emas ini dimanfaatkan secara optimal oleh delegasi Kota Denpasar yang tidak hanya dihadiri wakil BPPD Denpasar, namun juga perwakilan eksekutif dan legislatif Pemkot Denpasar,’’ ujar anggota BPPD Denpasar Anak Agung Suryawan Wiranatha, Minggu (5/8).

Dikatakan, Business Forum dilaksanakan Kamis, 2 Agustus 2018 dengan menghadirkan beberapa pejabat Indonesia sebagai pembicara, antara lain Dubes RI untuk Russia, M. Wahid Supriyadi, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Bambang Brodjonegoro. Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara juga hadir dalam acara Business Forum ini. Menurut Bappenas, sekitar 75% investasi Russia di Indonesia ada di Provinsi Bali dan NTB. Kondisi investasi tersebut sangat mendukung usaha-usaha untuk bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Russia ke Bali umumnya dan ke Denpasar khususnya.

Pada saat Business Forum ini berlangsung, BPPD Denpasar tidak hanya sebagai peserta, namun ikut berpartisipasi aktif dengan menyelenggarakan Business Luncheon Meeting dengan mengundang para perwakilan tour operator yang ada di Kota Moscow. Sebanyak 25 orang perwakilan tour operator yang hadir pada saat Business Luncheon Meeting ini, di antaranya TUI, Intourist Thomas Cook, Maxima Travel, RiM Tour, Favorit Tour, Soleans Tour, Anna-Tyr Travel, dan Kazkad Turism. Diawali dengan makan siang bersama dan dilanjutkan presentasi destinasi pariwisata Denpasar oleh Anak Agung Suryawan Wiranatha, selaku anggota BPPD Denpasar dan dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan dari para tour operator seputar fasilitas pariwisata dan daya tarik wisata Kota Denpasar. Mereka sangat antusias untuk ikut memasarkan pariwisata Kota Denpasar dengan Pantai Sanur sebagai ikonnya pariwisata Denpasar.

Business Luncheon Meeting ini ditutup dengan pemberian door prize oleh anggota BPPD Denpasar lainnya, yaitu Luh Suciari dan Eddy Putra.  Kegiatan ini dihadiri pula oleh Sekretaris Bappeda Kota Denpasar, Wisnu Wijaya Kusuma. Lancarnya acara Luncheon Meeting ini karena kerjasama yang baik BPPD Denpasar dengan VITO Russia, Anna Kiseleva dan Anna Prikhodko.

Duta Besar RI di Moscow sangat mengapresiasi inisiatif BPPD Denpasar yang menyelenggarakan Business Luncheon Meeting di sela-sela acara Russia-Indonesia Business Forum.  Hal ini akan lebih memperkuat kerjasama bisnis antara Indonesia dengan Russia. Dubes RI  mengharapkan agar BPPD Denpasar hadir kembali pada acara Business Forum tahun depan.

Promosi Pariwisata Denpasar kepada khalayak masyarakat Kota Moscow dilanjutkan keesokan harinya pada Jumat, 3 Agustus 2018 pada Pembukaan Festival Indonesia di Taman Krasnaya Presnya di tengah-tengah Kota Moscow.  Delegasi Kota Denpasar menampilkan pawai budaya Bali dengan diiringi gamelan beleganjur mengelilingi areal Taman Krasnaya Presnya yang dipadati oleh ribuan pengunjung.  Kemeriahan suara gamelan beleganjur ini menarik perhatian semua pengunjung yang ingin mendekat dan berfoto selfi dengan para peserta pawai.

Beleganjur yang dimainkan oleh para pimpinan dan beberapa anggota DPRD Denpasar ini dikomandani oleh Wakil Walikota yang memainkan kendang.  Tujuan untuk memperkenalkan pariwisata Kota Denpasar terasa semakin mantap dengan antusiasme masyarakat Kota Moscow untuk minta foto bersama setelah pawai budaya selesai. Tentunya foto-foto budaya Bali tersebut akan tersebar luas di masyarakat Moscow sehingga dapat membuat mereka tertarik untuk datang ke Bali dan Denpasar khususnya. Promosi Pariwisata Kota Denpasar tidak berhenti sampai di situ. Delegasi Denpasar juga menyumbangkan satu tarian di panggung utama yaitu Tari Legong Lasem yang ditarikan oleh Ida Ayu Ganda Yukti, Kasubag Kerjasama Kota Denpasar.  *

Komentar