nusabali

Wabup Kembang dan Istri Mengajar Etika Makan

  • www.nusabali.com-wabup-kembang-dan-istri-mengajar-etika-makan

Pemkab Jembrana menggelar pembekalan kepada finalis Jegeg Bagus Jembrana (JBJ) 2018 di Hotel Jimbarwana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin (30/7).

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan ikut menjadi narasumber dengan membawakan materi tentang public speaking (berbicara di depan umum) dan table manners (etika makan). Wabup Kembang bersama istrinya, Ni Nyoman Ani Setiawarini, sempat mempraktekkan table manners menggunakan sistem table d’hote (susunan hidangan lengkap) yang biasa diterapkan dalam jamuan resmi. Setelah memberikan contoh, Wabup Kembang dengan istri, juga menuntun para finalis JBJ untuk mempraktekkan langsung pelajaran table manners tersebut.

Menurut Wabup Kembang, pengetahuan public speaking dan table manners itu penting diketahui pada finalis JBJ. Tidak hanya sebagai finalis, pengetahuan tentang etika berbicara di depan umum ataupun etika umum itu, juga bisa menjadi bekal pribadi di masa depan.

“Penguasaan materi, intonasi, bahasa tubuh, vokal, cara menguasai sound system dan postur, baik duduk maupun berdiri sangat mempengaruhi dalam melakukan public speaking. Penguasaan materi penting untuk menjaga kepercayaan diri dalam public speaking. Untuk menguasai materi, harus rajin-rajin membaca buku sebagai referensi, dan menambah wawasan,” kata Wabup Kembang.

Sedangkan table manners, menurut Wabup Kembang, juga ada sejumlah aturan mengenai cara duduk, postur tubuh saat menyantap makanan menggunakan alat hidang dan lain sebagainya, yang sangat berguna ketika menghadiri jamuan makan.

“Jika dalam acara internasional atau jamuan resmi kenegaraan, table manners sangat penting untuk diketahui. Karena table manner ini tidak hanya soal pribadi, tapi menyangkut organisasi maupun negara yang diwakili. Dari etika makan, akan menunjukkan seberapa besar orang tersebut menghargai dirinya sendiri dan orang lain,” ujarnya. *ode

Komentar