nusabali

Hasil Survei Kinerja Pelayanan KPP Madya Denpasar Memuaskan

  • www.nusabali.com-hasil-survei-kinerja-pelayanan-kpp-madya-denpasar-memuaskan

KPP Madya Denpasar pada Juli 2018 telah melakukan survei secara acak kepada Wajib Pajak terdaftar dari seluruh Bali untuk menilai kinerja pelayanan publik selama tahun 2018.

DENPASAR, NusaBali
“Survei ini dilakukan sebagai bahan evaluasi kami untuk tetap menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan,” ujar Kepala KPP Madya Denpasar, I Made Artawan.   Pertanyaan survei berfokus pada kepuasan atas kinerja pelayanan publik baik dari segi sistem, sumber daya manusia, maupun sarana dan prasarana. Salah satu fokus penilaiannya terkait dengan Kebijakan Pelayanan, yaitu kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi pelayanan dan hasil Survei Kepuasan Masyarakat. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh 44% jawaban bernilai Sangat Baik, 42% responden menilai Baik, sedangkan masing-masing 13% dan 1 % lainnya menjawab Cukup Baik dan Sedang.

Fokus lain dalam survei adalah Profesionalisme Sumber Daya Manusia KPP Madya Denpasar. Kriteria penilaiannya mengenai kecepatan menyelesaikan tugas, kesigapan petugas, serta sikap dan perilaku dalam memberikan pelayanan. Lebih dari setengah responden (51%) menilai kemampuan petugas Sangat Baik, 39% WP menjawab Baik, dan terdapat 10% responden merasa pelayanan pegawai KPP Madya Denpasar sudah Cukup Baik.

Sementara itu, responden juga menilai kesiapan Sarana dan Prasarana di lingkungan KPP Madya Denpasar. Sekitar 39% jawaban menunjukkan nilai Sangat Baik, sebanyak 42% menilai sarana dan prasarana telah Baik, WP yang menilai Cukup Baik sebanyak 17%, sedangkan masih terdapat 2% responden yang merasa kesiapan sarana dan prasarana tergolong Sedang.

Kemudahan akses layanan Konsultasi dan Pengaduan juga merupakan aspek yang dinilai. Sejumlah 34% jawaban termasuk nilai Baik, 55% penilai memberikan nilai Sangat Baik, sedangkan 11% lainnya menilai layanan Konsultasi dan Pengaduan termasuk Cukup Baik. Sisi terakhir yang dinilai adalah kinerja Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) di KPP Madya Denpasar.

Sebesar 45% Wajib Pajak yang menilai survei memberikan nilai Sangat Baik, 39% bernilai Baik, 15% responden menjawab Cukup Baik, terakhir 1% Wajib Pajak merasa kinerja SIPP di KPP Madya Denpasar termasuk Sedang. Secara keseluruhan 45% responden menilai Kinerja Pelayanan Publik KPP Madya Denpasar Sangat Baik, 40% menjawab Baik, 14% Cukup Baik, dan terdapat 1% masuk kriteria Sedang. Dari hasil survei juga diperoleh data kritik dan saran dari seluruh responden. I Made Artawan mengungkapkan, “Standar Pelayanan selalu diutamakan untuk memenuhi janji dalam Maklumat Pelayanan dan kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan apabila tidak dapat memenuhi Maklumat Pelayanan tersebut." *

Komentar