nusabali

Posisi Carles Diincar 7 Kader

  • www.nusabali.com-posisi-carles-diincar-7-kader

Soal suhu di tubuh Demokrat Bangli yang mulai memanas jelang Muscab bagi Carles hal wajar, apalagi terkait perebutan kursi ketua.

Demokrat Bangli Mulai Panas Jelang Muscab 

BANGLI, NusaBali
Suhu politik di internal DPC Partai Demokrat (PD) Bangli mulai memanas jelang Musyawarah Cabang (Muscab) yang rencananya akan digelar pertengahan April mendatang. Panasnya suhu internal Demokrat itu, terkait siapa yang akan bersaing memperebutkan posisi Ketua DPC. Selain incumbent, I Komang Carles sebanyak 7 orang kader lainnya saat ini disebut-sebut tengan siap-siap pasangan taktik dan strategi merebut posisi Ketua DPC.

Informasi yang dihimpun NusaBali, 7 calon penantang Carles dalam Muscab nanti, yakni I Wayan Sudiartana (Sekretaris DPC Demokrat Bangli) asal Susut, I Wayan Sandra (Ketua PAC Kintamani), Perwira Duta (Ketua PAC Susut), I Wayan Yudana (Ketua PAC Bangli) dan Dewa Anom Suta (Plt Ketua PAC Tembuku/Anggota Dewan). Selain itu ada nama I Made Sudiasa (Ketua Dewan Pertimbangan Cabang), dan Krisnawa dari Dapil Kintamani/Anggota Dewan).  

“Saat ini mereka berpeluang menantang Carles yang hampir dipastikan akan maju lagi,” ujar sumber di internal Demokrat Bangli, Kamis (17/8). Mengapa mereka memiliki kans, karena mereka rata-rata sudah pengalaman sebagai pengurus. “Namun politik tentu tidak sesederhana itu, tidak hitam putih,” ujar sumber ini. Ditambahkan syarat normatif sudah dipenuhi oleh kader-kader yang disebutkan berpeluang menduduki posisi Ketua DPC dalam Muscab nanti. Namun syarat normatif saja belum cukup memenangkan mereka. “Syarat politis juga harus dipenuhi, seperti kedekatan dengan pemilik suara, dengan pengurus di tingkat atas (DPD dan DPP), maupun kesanggupan menyukseskan agenda-agenda partai,” ungkap sumber ini lagi. 

Terpisah Ketua DPC Demokrat Bangli, Komang Carles, ketika dihubungi hanya memberi penjelasan standar. Termasuk ketika ditanya kemungkinan pihaknya akan mempertahankan kursi Ketua DPC. “Itu tergantung pemilik suara nanti saja,” ujar politisi demokrat asal Banjar Dana Petapan, Desa Batur Utara, Kecamatan Kintamani. Kalau memang dipercaya nanti, tentu pihaknya akan melaksanakan. “Itu kan amanat partai,” kata Carles yang menduduki posisi Ketua DPC Demokrat Bangli periode 2011-2016.  Soal suhu di tubuh Demokrat Bangli yang mulai memanas jelang Muscab, Carles mengatakan itu hal yang wajar. Apalagi jika dikaitkan perebutan kursi Ketua Demokrat Bangli. 

“Kalau sudah pernah pengalaman jadi pengurus kan bisa ikut tarung,” ujar Carles. Dia pun mengaku sudah dapat info sejumlah kader siap tarung merebut posisi Ketua DPC.
Di pihak lain I Made Sudiasa, kader Demokrat asal Dapil Tembuku, juga tak banyak komentar.  

Demikian juga ketika ditanya kemungkinan dia come back merebut kursi Ketua Demokrat Bangli, Sudiasa menjawab diplomatis. “Kalau sudah perintah partai di mana pun saya  siap,” ujar mantan Ketua DPC Demokrat ( 2006-2011). “Kita tunggu nanti setelah Musda DPD,” kata Sudiasa.

Untuk diketahui jumlah suara dalam Muscab Demokrat Klungkung nanti adalah 7 suara. Masing-masing 4 suara PAC, 1 suara DPC, DPD dan DPP. Di DPRD Bangli (2014-2019), Demokrat memiliki 4 wakil/kursi. Jumlah tersebut berkurang satu kursi dari raihan 5 anggota dewan pada periode 2009-2014. Meski demikian, Demokrat masuk tiga besar di DPRD Bangli sehingga berhasil merengkuh 1 jatah kursi Wakil Ketua Dewan,
yang diduduki I Komang Carles. Sedang jumlah kursi DPRD Bangli sebanyak 30 kursi.  7 k17
 
8 KANDIDAT MASUK BURSA KETUA PD BANGLI
* Komang Carles (incumbent)
* I Wayan Sudiartana (Sekretaris DPC Demokrat Bangli asal Susut)
* I Wayan Sandra (Ketua PAC Kintamani)
* Perwira Duta (Ketua PAC Susut)
* I Wayan Yudana (Ketua PAC Bangli) 
* Dewa Anom Suta (Plt Ketua PAC Tembuku/Anggota Dewan)
* I Made Sudiasa (Ketua Dewan Pertimbangan Cabang) 
* Krisnawa (asal Dapil Kintamani/Anggota Dewan).

Komentar