nusabali

Sekolah Wajib Seimbangkan Prestasi Akademik - Non Akademik

  • www.nusabali.com-sekolah-wajib-seimbangkan-prestasi-akademik-non-akademik

Sekolah di Gianyar wajib menjaga keseimbangan antara prestasi akademik - non akademik. Sebab, seorang anak yang bermasa depan dan sukses pasti karena berprestasi akademis dan non akademis.

GIANYAR, NusaBali 
“Apalagi untuk menjadi pemimpin, tidak hanya diperlukan pandai dari sisi akademik, melainkan juga berprestasi di non akademik,” jelas Sekkab Gianyar  Ida Bagus Gaga Adi Saputra saat menghadiri HUT ke-16  SMAN 1 Tampaksiring, di wantilan Pura Pucak Tegeh, Desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Selasa (20/10). 

"Anak yang cerdas jika ia mempu mengembangkan potensi intelektual yang berpadu dengan emosional, dan spiritual yang seimbang," jelasnya. 

Oleh karena itu, Sekkab Gus Gaga mengingatkan jajaran sekolah tidak mendiskriminasi kepada siswa yang kurang dalam akademik, padahal unggul dalam non akademik. “Unggul di bidang seni, olahraga, dan keterampialn lain juga sebuah prestasi. Sebab kualitas SDM juga dapat ditentukan dengan prestasi non akademis itu,” tegasnya kepada para guru, siswa, dan undangan.

Pihaknya juga menegaskan agar seluruh sekolah menciptakan suasana nyaman dan aman kepada anak didik. Hal ini berkaitan dengan predikat Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). “Tidak boleh ada kekerasan terhadap anak,” tegas Gus Gaga. Terkait KLA, Gianyar telah mempunyai  Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Gianyar.

Peringatan HUT ke-16 SMAN 1 Tampaksiring (Taksu) dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya ceramah, yoga massal, dharma wacana, lomba sains, story telling dan mapidarta Bahasa Bali diikuti siswa SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Gianyar, donor darah, kunjungan ke panti asuhan, penghijauan dan jalan santai.

Kepala SMAN 1 Tampaksiring Ngakan Ketut Tresnabudi menjelaskan, sepanjang 16 tahun perjalanan Taksu telah menamatkan 3.094 siswa. Sekolah yang berdampingan dengan Istana Kepresidenan Tampaksiring ini telah meraih beberapa prestasi akademik - non akademik baik tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.

Pada pucak HUT diresmikan sekaligus pementasan  rari maskot SMAN 1 Tampaksiring ‘Saraswati Natha’ dan penandatangan dokumen tari itu oleh Sekkab Ida Bagus Gaga Adi Saputra.

Komentar