nusabali

Kemah Bazar Dimeriahkan 32 Barung Pramuka

  • www.nusabali.com-kemah-bazar-dimeriahkan-32-barung-pramuka

Sebanyak 32 barung Pramuka Siaga diundang dan dipastikan ramaikan Kemah Bazar Siaga Gerakan Pramuka Karangasem di Lapangan Yowana Wijaya, Jalan Untung Surapati Amlapura, pada tanggal 4-5 Juli 2018

AMLAPURA, NusaBali
Kegiatan ini akan digelar di SMPN 5 Amlapura, Jalan Untung Surapati. Kemah bazar bertujuan mengevaluasi hasil pembinaan Pramuka di tingkat siaga di delapan kecamatan. Tiap kecamatan menyertakan masing-masing 2 barung putra dan 2 barung putri. Tiap barung beranggotakan 8 orang.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan di hari pertama, Rabu (4/7) menampilkan para siaga untuk mengetahui tata cara menata tempat kemah, kedisiplinan, sesuai amanat Dwi Satya dan Dwi Darma yang jadi pedoman. Sebab kode kehormatan siaga berupa janji (satya) dan ketentuan moral (darma) sehingga disebut Dwi Satya dan Dwi Darma. “Kami memantau minat dan bakat anak-anak didik di tingkat siaga, inilah pentingnya menggelar kemah bazar,” ungkap Gusti Kartika  didampingi Sekretaris I Wayan Sarya, Sabtu (30/6).

Kemah di hari kedua, Kamis (5/7) diisi kegiatan Dianpinru (Gladian Pimpinan Regu) diikuti Penggalang. Kegiatan ini merupakan forum pelatihan dan pengembangan pengetahuan Pramuka Penggalang. Tujuannya melatih dan mendidik agar menjadi pimpinan regu utama dan wakil pimpinan regu. “Intinya membentuk kader Pramuka memiliki wawasan kepemimpinan,” katanya.

Ketua Harian Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Selat, Ni Nengah Arniti, mengatakan dari Kecamatan Selat telah menyiapkan 4 barung, masing-masing 2 barung putra dan 2 barung putri untuk tingkat siaga. Juga menyiapkan dua regu putra dan putri untuk penggalang. “Kami telah memberikan pelatihan jelang kemah bazar, kegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan peserta didik,” kata Ni Nengah Arniti. Selama ini anak didik hanya berkutat dalam latihan di sekolah, di kemah bazar nanti berkesempatan berbaur dengan peserta lain. *k16

Komentar