nusabali

Mobil Dinas Sekdis Segera Dilelang

  • www.nusabali.com-mobil-dinas-sekdis-segera-dilelang

Sebanyak 25 unit mobil dinas yang dipakai Sekretaris Dinas (Sekdis) lingkup Organisasi Perangkat daerah (OPD) Pemkab Buleleng segera akan dilelang.

Toyota Avanza Dijadikan Dana Pengadaan Innova

SINGARAJA, NusaBali
Aset milik Perusahaan Daerah (PD) Swatantra itu rencananya akan diganti dengan pembelian 25 unit mobil baru. Diut PD Swatantra, Ketut Siwa ditemui Jumat (29/6) kemarin menerangkan proses lelang mobil dinas itu akan dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL). Hasil lelangan 25 unit mobil dinas jenis Toyota Avanza itu disebut akan digunakan sebagai dana pendamping pengadaan 25 unit mobil baru jenis Toyota Kijang Innova.

Pengadaan Kijang Innova baru itu disebutnya sedang dalam permohonan kredit di Bank BPD Bali sekitar Rp 8 Miliar. “Pengadaan Innova sudah disetujui oleh badan pengawas dan sudah dilakukan studi kelayakan oleh bank dan dikatakan layak. Sekarang masih dalam proses,” kata dia.

Lalu setelah pengadaan terealisasi 25 unit Kijang Innova akan dipakai oleh para Kepala Dinas. Sedangkan Sekdis akan mewarisi mobil Toyota Kijang Innova yang sebelumnya dipakai oleh Kadis. Pihaknya pun menjelaskan pelelangan mobil Avanza dan berganti ke mobil Kijang Inova mengingat tengat masa efektivitas mobil dinas sudah mencapai lima tahun. Selain itu Siwa juga mengatakan memilih mobil baru jenis Kijang Inova, karena dinilai memiliki suspensi bagus dan awet.

Sementara itu hingga kini, PD Swatantra Buleleng telah memiliki aset 77 unit mobil dengan nilai sekitar Rp 8 miliar lebih. Sebanyak 25 diantara adalah mobil Avanza yang segara akan dilelang dan 52 lainnya adalah mobil jenis Kijag Inova. Puluhan mobil yang selama ini disewakan kepada seluruh OPD di Pemkab Buleleng sepenuhnya akan menjadi aset PD Swatantra pada pertengahan 2018 mendatang, setelah seluruh angsuran dilunasi.

Dengan perkembangan yang sangat pesat, PD Swatantra pun berencana akan melakukan pembaharuan terhadap kendaraan yang dimilikinya secara bertahap. Pengadaan kendaraan oleh PD Swatantra dilakukan sejak tahun 2012 lalu. Secara bertahap dengan pengelolaan yang tepat pihaknya terus menambah aset secara bertahap.*k23

Komentar