nusabali

Desa Pakraman Serokadan Baca Prasasti dan Pentaskan Barong Nongkling

  • www.nusabali.com-desa-pakraman-serokadan-baca-prasasti-dan-pentaskan-barong-nongkling

Krama Desa Pakraman Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Bangli, menggelar para seni budaya bertepatan dengan Ngembak Geni, Kamis (10/3). 

BANGLI, NusaBali

Parade seni budaya juga diisi dengan pembacaan Prasasti Serokadan tentang lelintihan atau sejarah desa pakraman. Sementara pementasan salah satunya ditampilkan Barong Nongkling.  

Tokoh muda Serokadan, Anak Agung Bagus Adi Widnyana menuturkan, parade seni budaya ini digelar untuk ketiga kalinya. “Tujuannya untuk menggairahkan seni budaya,”  ujar Gung Adi Widnyana. Generasi muda diharapkan lebih mengenal dan mencintai seni budaya warisan leluhur. Pelaksanaan Parade Seni Budaya ini dipimpin Bendesa Pakraman Serokadan, I Dewa Gede Oka.

Parade Seni Budaya ini dipusatkan di bancingah (alun-alun) Desa Pakraman Serokadan. Parade seni menampilkan Tari Bapang Barong, Barong Belas atau Nongkling. Fragmen tari tentang aktivitas pertanian juga diperagakan dengan apik. Puncaknya parade ogoh-ogoh disertai atraksi baleganjur. Penonton yang memadati bancingah tak hanya dari Desa Serokadan, namun penonton juga datang dari luar daerah seperti Gianyar. Termasuk wisatawan manca negara. 7 k17 

Komentar