nusabali

PDIP Hindari Show of Force

  • www.nusabali.com-pdip-hindari-show-of-force

PDIP isyaratkan tidak lagi menggunakan pola kampanye terbuka (rapat umum) yang disertai show of force pengerahan massa untuk Pilkada 2015 serentak di 6 daerah di Bali. 

“Memang dalam Pemilu itu, jurkam nasional biasanya diterjunkan. Tapi, kami belum ajukan siapa yang akan terjun ke Bali dari DPP PDIP,” tegas politisi militan PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali tiga kali periode ini.

Dalam Pilkada 2015 secara serentak, 9 Desember mendatang, PDIP mengusung paket calon di semua (6) daerah. Di Pilkada Badung 2015, PDIP yang berkolaborasi denganGolkar-NasDem-Hanura usung pasangan Giri Prasta-Suiasa. Paket ini akan tarung head to head melawan Made Sudiana-Nyoman Sutrisno (Cabup-Cawabup Badung yang diusung Demokrat-Gerindra). 

Sedangkan di Pilkada Denpasar 2015, PDIP usung pasangan incumbent IB Rai Dharmawijaya Mantra-IGN Jaya Negara. Mereka akan tarung segitiga dengan pasangan Ketut Resmiyasa-IB Batu Agung (Cawali-Cawawali yang diusung Gerindra-Hanura) dan Made Arjaya-AA Ayu Rai Sunasri (diusung Koalisi Bali Mandara yang dimotori Demokrat).

Di Pilkada Karangasem 2015, PDIP usung pasangan I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati. Mereka akan tarung segitiga melawan I Gusti Ayu Mas Sumatri-Wayan Artadipa (Cabup-Cawabup Karangasem yang diusung NasDem-Hanura-PKPI dengan didukung Demokrat) dan I Made Sukerana-I Komang Kisid (diusung Golkar-Gerindra).

Sementara di Pilkada Bangli 2015, PDIP juga usung pasangan incumbent Made Gianyar-Sang Nyoman Sedana Arta, yang akan tarung head to head melawan IB Brahmaputra-I Ketut Ridet (diusung Koalisi Bali Mandara). Demikian pula di Pilkada Tabanan 2015, sang juara bertahan andalan PDIP, Ni Putu Eka Wiryastuti-I Komang Gede Sanjaya ditantang Wayan Sarjana-IB Astawa Merta (diusung Gerindra-NasDem-Hanura dengan didukung Demokrat). Sebaliknya, paket incumbent I Putu Artha-Made Kembang Hartawan diandalkan PDIP tarung di Pilkada Jembrana 2015, menghadapi I Ketut Sinatra-I Gusti Agung Sudanayasa (diusung Hanura-NasDem-PKB).

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Bali, IB Putu Sukarta, mengatakan kampanye rapat umum pasangan calon yang diusung partainya nanti, tergantung permintaan kandidat. Menurut Gus Sukarta, dari 5 daerah di mana partainya usung calon kecuali di Jembrana, belum ada yang mengajukan jadwal kampanye rapat umum. 

”Kami menunggu usulan dari kandidat di kabupaten/kota. Mereka serjauh ini belum ada menjadwalkan rapat umum,” ujar Gus Sukarta di Denpasar, Minggu kemarin.
Gus Sukarta mengatakan, saat ini masih tentatif soal kemungkinan DPP Gerindra turun gunung terjunkan jurkam nasional buat kampanmye di Bali. Lagipula, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subiyanto juga belum ada kepastian apakah akan turun ke Bali mem-back up kandidatnya atau tidak. Apalagi, jadwal dari daerah kabupaten/kota belum ada. 

Selanjutnya...

Komentar