nusabali

PDIP Hindari Show of Force

  • www.nusabali.com-pdip-hindari-show-of-force

PDIP isyaratkan tidak lagi menggunakan pola kampanye terbuka (rapat umum) yang disertai show of force pengerahan massa untuk Pilkada 2015 serentak di 6 daerah di Bali. 

Gerindra-Golkar Belum Jadwalkan Rapat Umum

DENPASAR, NusaBali
Hanya untuk Pilkada Badung 2015 yang sudah dipastikan akan ada kampanye pengerahan massa untuk mendongkrak suara pasangan Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa (Cabup-Cawabup Badung yang diusung PDIP bersama Golkar, NasDem, dan Hanura), yakni 22 November depan.

Ketua DPD PDIP Bali, Dr Ir Wayan Koster MM, mengatakan partainmya sejauh ini hanya menyiapkan kampanye rapat umum untuk Giri-Asa (Giri Prasta-Suiasa) di Pilkada Badung 2015. Kampanye terbuka disertai pengerahan massa di Badung, 22 November 2015 nanti, dilakukan karena atas desakan dari pendukung dan permintaan kandidat.

Sedangkan untuk 5 daerah lainnya, yakni Pilkada Denpasar 2015, Pilkada Tabanan 2015, Pilkada Bangli 2015, Pilkada Karangasemn 2015, dan Pilkada Jembrana 2015, PDIP tidak ada merancang kampanye akbar pengerahan massa. “Ya, baru untuk Badung saja kita jadwalkan ada rapat umumnya, itu pun hanya sekali,” ujar Wayan Koster di Denpasar, Minggu (18/10).

Menurut Koster, ada beberapa alasan kenapa PDIP pilih tidak gunakan kampanye terbuka dengan show of force pengerahan massa di Pilkada 2015. Salah satunya, untuk menurunkan tensi politik. Selain itu, juga masalah penggarapan massa yang bisa terkesan menoton. Sebab, yang hadir ke lokasi kampanye rapat umum sudah pasti para pendukung yang sudah jelas-jelas akan coblos paket calon yang mereka usung. 

“Kampanye rapat umum itu, selain memang rawan sisi keamanannya, juga sudah tidak zamannya lagi. Mendingan kita blusukan saja. Hanya di Badung saja sekali kita laksanakan kampanye rapat umum, karena memang permintaan dari pendukung dan kandidat,” tandas Koster yang juga bertindak langsung sebagai Ketua Tim Pemenangan Paket Giri-Asa di Pilkada Badung 2015 ini.

Kendati demikian, kata Koster, pihaknya tetap menunggu keputusan dari kabupaten/kota di Bali yang menggelar Pilkada serentak, 9 Desember 2015 mendatang. Hingga Minggu kemarin, kata Koster, DPD PDIP Bali belum ada menerima usulan kampanye rapat umum untuk Pilkada Denpasar 2015, Pilkada Tabanan 2015, Pilkada Bangli 2015, Pilkada Karangasemn 2015, dan Pilkada Jembrana 2015.

Soal juru kampanye (jurkam) nasional yang akan diterjunkan ke Bali, kata Koster, pihaknya juga belum ada mengajukan ke DPP PDIP. Sebab, kepastian kampanye rapat umum yang akan dilaksanakan di 5 daerah juga belum ada. 

Selanjutnya...

Komentar