nusabali

Karangasem Tak Ingin Hanya Juara Provinsi

  • www.nusabali.com-karangasem-tak-ingin-hanya-juara-provinsi

Bukan saja bertujuan meloloskan siswa ke Provinsi Bali, target lebih jauh agar mampu menerobos ke tingkat nasional.

Matangkan Persiapan OSN Tingkat SMP

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem tak main-main dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Bali 2016. Saat ini sebanyak 60 siswa terus diasah kemampuannya dan nantinya akan dipilih 21 siswa atau masing-masing 7 siswa per mata pelajaran yang dilombakan, yakni Matematika, IPA dan IPS. 

Menurut Kadisdikpora Karangasem, I Gede Ariyasa pemantapan tahap I digelar 15-18 Februari, pemantapan tahap II berlanjut 22-26 Februari di SMPN 2 Amlapura, selanjutnya diuji pada 5 Maret mendatang. “Tiap mata pelajaran nantinya meloloskan 7 siswa, total 21 siswa ke provinsi,” ujar Ariyasa di Amlapura, Minggu (21/2). Menurutnya  pemantapan dioptimalkan guna meraih prestasi optimal. Bukan saja bertujuan meloloskan siswa ke Provinsi Bali, target lebih jauh agar mampu menerobos ke tingkat nasional. 

“Pembinaannya berjenjang, tiap mata pelajaran ada pembinanya secara khusus, ada tim yang menangani siswa berprestasi itu. Pembina melakukan ujicoba, agar kemampuan siswa diketahui perkembangannya,” katanya.

Pembina memberikan materi sesuai standar OSN, dan mengacu hasil OSN sebelumnya. Di samping itu melakukan evaluasi untuk memperbaiki kelemahan di OSN tahun lalu. “Makanya hasilnya nanti optimis mampu meloloskan siswa ke tingkat nasional,” tambahnya.

Salah satu pembina mata pelajaran IPA, Ni Wayan Parwati mengatakan pada tiap tahapan ada test, sehingga terungkap kemampuan siswa. “Test tahap I telah berlangsung, nanti test tahap II, berlanjut usai Kuningan,” jelas Parwati, yang juga guru SMPN 2 Amlapura ini.

Kepala SMPN 1 Manggis, I Wayan Sarya mengaku berupaya mempersiapkan siswanya, yang ikut ambil bagian di pembinaan OSN SMP tahun 2016. “Target kami setidaknya mampu meloloskan siswa di Tingkat Provinsi Bali,” harap I Wayan Sarya. Sedangkan Kepala SMP Negeri Satu Atap Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, I Made Rangkep, juga tetap optimis prestasi anak didiknya bukan sekadar lolos ke Provinsi, tapi juga berprestasi di level nasional. 

Sebab, tahun lalu, siswa atas nama I Komang Ego, sempat berlaga di tingkat nasional hanya saja prestasinya kurang beruntung. “Itu berarti target tahun 2016 atas nama I Komang Ego, agar kembali berprestasi di tingkat nasional. Sebab, untuk memenangkan persaingan di Tingkat Provinsi Bali, kami optimis kembali memang,” kata I Made Rangkep.

I Komang Ego, ambil bagian di mata pelajaran IPS, skor selama seleksi tertinggi, yakni 53. Kabid Dikdas Disdikopra Karangasem, I Gusti Bagus Budiadnyana juga berharap ada wakil Karangasem yang mewakili Bali ke OSN tingkat nasional, bukan sekadar agara siswa lolos ke Provinsi Bali. “Karangasem kan selama ini telah terbiasa berprestasi di tingkat nasional, bukan tidak mungkin di OSN SMP juga mengulangi prestasi yang sama,” kata Gusti Bagus Budiadnyana. 7 k16

Komentar