nusabali

Harga Cabai Kecil Tembus Rp 70 Ribu/Kg

  • www.nusabali.com-harga-cabai-kecil-tembus-rp-70-ribukg

Pemerintah Kabupaten Badung melakukan monitoring harga kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940.

Jelang Nyepi, Badung Lakukan Monitoring Harga  

MANGUPURA, NusaBali
Ini dilakukan demi menjaga harga di pasaran tidak merangkak naik seiring meningkatnya permintaan.“Secara umum harga kebutuhan bahan pokok terpantau normal. Memang ada yang naik seperti cabai, tapi yang lainnya masih stabil,” tu tur Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung I Ketut Karpiana, Selasa (13/3).

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, saat ini harga cabai kecil di pasaran senilai Rp 64 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram. Padahal pada pekan sebelumnya masih seharga Rp 60 ribu per kilogram. Kecenderungan harganya turun justru pada cabai besar dimana pada pekan lalu berada di kisaran Rp 48 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 42 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram.

Dikatakan, monitoring harga ke pasar-pasar tradisional tidak melulu saat mendekati hari raya. Hampir per pekan, tim dari Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan ke lapangan untuk melakukan pemantauan harga. “Ini memang tugas pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas harga,” tegasnya.

Mengenai pasokan bahan pokok, birokrat asal Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, itu memastikan aman. Pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pihak dalam upaya mengantisipasi tingginya permintaan menjelang Nyepi. Terlebih terkait harga sangat dipengaruhi dengan jumlah pasokan yang tersedia.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, untuk pasokan aman. Apalagi kalau dari segi permintaan tidak terlalu meningkat (saat Nyepi). Berbeda dengan pada saat Galungan,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini harga kebutuhan pokok di pasaran relatif stabil. Misalkan, beras lokal kwalitas I dari Rp 13 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 12.500. Beras C4 juga turun, dari Rp 12 ribu lebih per kilogram, saat ini di pasaran rata-rata Rp 11 ribu. Dan untuk beras IR justru turun Rp 2 ribu per kilogram dari pekan lalu, dimana saat ini rata-rata Rp 10 ribu.

Uuntuk harga daging babi relatif stabil yakni kisaran Rp 55 ribu per kilogram, dan daging ayam ras Rp 35 ribu per kilogram. Begitu juga harga telur  ayam ras dijual dengan harga kisaran Rp 1.250 per butir. Sedangkan telur ayam kampung rata-rata Rp 2 ribu per butir. Begitu juga dengan gula, minyak, dan sayur-rayuran relatif stabil harganya menjelang Nyepi. *asa

Komentar