nusabali

Musrenbangcam Sidemen Usulkan Rp 126,2 M

  • www.nusabali.com-musrenbangcam-sidemen-usulkan-rp-1262-m

Musrenbangcam (Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan) Kecamatan Sidemen, Karangasem, mengusulkan 31 program dengan biaya Rp 126,27 miliar.

AMLAPURA, NusaBali

Musrenbangcam Sidemen dibuka Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Sekda I Gede Adnya Muliadi, staf ahli I Nengah Toya, I Wayan Sutapa, dihadiri 10 perbekel serta perangkat desa. Acara digelar di aula kantor Camat Sidemen, Banjar/Desa Telaga Tawang, Senin (26/2).

Camat Sidemen, AA Made Agung Surya Jaya, menerangkan Musrenbangcam merangkum hasil dari Musrengbang Desa sebelumnya. Sehingga tinggal mengesahkan usulan dari 10 desa yang nantinya jadi usulan dari Kecamatan Sidemen untuk pembahasan APBD 2019. Dari 31 program katanya, dijabarkan untuk kelompok fungsi ekonomi 15 program terbagi 21 kegiatan dengan biaya Rp 28,43 miliar. Fungsi kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, pariwisata, dan budaya terangkum 7 program di 17 kegiatan dengan usulan biaya Rp 13,18 miliar.

Kelompok fungsi pelayanan umum, ketentraman dan ketertiban, lingkungan hidup, perumahan dan fasilitas umum terangkum 9 program terbagi 15 kegiatan usulan biaya Rp 84,27 miliar. “Usulan di Musrenbangcam tahun ini turun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 31,24 miliar,” kata Agung Surya.

Sebab, untuk tahun 2019 nanti, pembiayaan banyak ditangani melalui dana desa. Sehingga kegiatan di Kantor Camat Sidemen berkurang. Camat Agung Surya mengatakan, Kecamatan Sidemen merupakan penyangga pengungsi. Sehingga perlu dibangun aula yang besar untuk menampung pengungsi dan logistik. Sehari-hari bisa digunakan kegiatan sosial dan untuk gudang.

Sebab Kantor Camat Sidemen belum memiliki gudang, sehingga logistik pengungsi ditampung di ruang depan kantor. Sehingga menyulitkan kelancaran aktivitas pelayanan sehari-hari. Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri mengingatkan agar petugas Kantor Camat Sidemen bersinergi dengan perangkat desa di 10 desa. “Bagaimana pun keberhasilan kegiatan dilakukan perbekel di 10 desa juga keberhasilan Camat Sidemen,” pesan Bupati Mas Sumatri.  k16

Komentar