nusabali

Pemilu Tunda Musrenbangcam

  • www.nusabali.com-pemilu-tunda-musrenbangcam

AMLAPURA, NusaBali - Pelaksanaan Musrenbangcam (Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan) tahun 2025 di Karangasem, tertunda karena tahapan Pemilu 2024. Dari jadwal 8 - 12 Februari, kegiatan ini digeser setelah Pemilu 2024.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Karangasem I Nyoman Sutirtayasa, memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Diponegoro, Amlapura, Selasa (20/2). Kata dia, Musrenbangcam diawali Senin (5/2) di Kantor Camat Bebandem denagn menyerap aspirasi 8 desa. Disusul Selasa (6/2) di Kantor Camat Kubu menyerap aspirasi berasal dari 9 desa, dan Rabu (7/2) di Kantor Camat Abang.

Agenda berikunya, lanjut Sutirtayasa, Senin (19/2) di Kantor Camat Karangasem, Selasa (20/2) di Kantor Camat Rendang, Rabu (21/2) di Kantor Camat Manggis, Kamis (22/2) di Kantor Camat Selat dan Jumat (23/2) di Kantor Camat Sidemen.

Musrenbangcam, kata Sutirtayasa, untuk menyerap aspirasi tingkat desa, untuk dicatatkan agar masuk usulan di tahun berikutnya. Usulan itu bidang ekonomi, sosial budaya, fisik, dan pemerintahan. Usulan itu akan menjadi pedoman pembangunan tahap berikutnya. Musrenbangcam itu juga merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan di tingkat desa se-kecamatan membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa. "Nanti kan daftar usulannya direkap. Usulan berasal dari desa-desa yang telah diranking, untuk diperjuangkan," katanya. Seberapa banyak usulan nantinya terealisasi, dan mendapatkan anggaran, tergantung kemampuan keuangan daerah. 

Camat Abang Putu Agus Teja Pramascita mengatakan, setelah menggelar Musrenbangcam di Kantor Camat Abang, Rabu (7/2), pihaknya telah menyerap dan mendata usulan prioritas berasal dari 14 desa. "Masing-masing desa mengajukan satu usulan prioritas," jelasnya. 

Begitu juga menurut Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata juga mengaku telah menggelar Musrenbangcam, Senin (5/2) mencatat aspirasi berasal dari delapan desa. "Kami telah menginput usulan berasal dari delapan desa," jelas Camat Bebandem Gusti Wiranata.7k16

Komentar