nusabali

Percantik Penampilan, Kertagosa Dipermak

  • www.nusabali.com-percantik-penampilan-kertagosa-dipermak

Untuk mempercantik keindahan obyek Wisata Kerta Gosa, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Klungkung telah menganggarkan penataan taman pada 2016. 

SEMARAPURA, NusaBali
Hasilnya nanti diharapkan mampu lebih banyak menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Penataan taman ini, meliputi penambahan beberapa pohon, bunga-bunga dan sebagainya,” ujar Kadisbupar Klungkung I Wayan Sujana, saat dihubungi Kamis (11/2).

Kata dia, Kerta Gosa merupakan salah satu objek wisata andalan Klungkung. Mengenai penataan ornamen bangunan, kata dia, tidak dilakukan tahun ini. “Kita perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak terkait, karena bangunan tersebut peninggalan bersejarah,” ujarnya.

Sujana juga menyayangkan masih kerap ada pengunjung yang membuang sampah ke kolam, seperti botol minuman kemasan dan plastik pembungkus makanan. Padahal, pihaknya sudah menempatkan dua tong sampah di Kertagosa dan beberapa imbauan, namun sudah dirusak oleh tangan-tangan usil. “Kami berharap bagi pengunjung turut menjaga lingkungan,” ujarnya, seraya mengatakan untuk melakukan pengawasan, Kerta Gosa sudah dipasangi 10 CCTV.

Pantauan di loksi, pada hari libur Umanis Galungan ini, Kerta Gosa nampak lenggang alias sepi pengunjung. Penurunan ini diduga akibat cuaca mendung dan turun hujan gerimis. “Sudah tiga bulan kujungan wisatawan sepi ke sini (Kerta Gosa, Red),” ujar seorang petugas kebersihan di Kerta Gosa, I Nyoman Ariawan saat ditemui berada di depan tiket masuk. 

Sedikitnya kunjungan wisatawan pada Kamis kemarin hingga sekitar pukul 15.00 Wita, 83 orang. Sedangkan pada Umanis Galungan sebelumnya bisa mencapai lebih dari 150 pengunjung. 7 w

Komentar