nusabali

HUT Ke-61 LVRI Veteran Semakin Sejahtera

  • www.nusabali.com-hut-ke-61-lvri-veteran-semakin-sejahtera

Ratusan veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Bali, Senin (29/1) kemarin berkumpul di gedung Mr I Ketut Pudja, eks Pelabuhan Buleleng untuk memperingati hari jadi LVRI ke-61.

SINGARAJA, NusaBali

Para pejuang kemerdekaan Indonesia itu pun merayakannya dengan penuh suka cita dan rasa syukur, atas kesejahteran yang mulai diperhitungkan oleh pemerintah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua LVRI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Saputera yang ditemui usai HUT. Ia mengakui perhatian pemerintah saat ini sudah sangat bagus terhadap veteran. Apalagi di Bali sejak diterbitkannya peraturan Gubernur Tahun 2014, kesejahteraan veteran meningkat. Baik dari tunjangan, santunan meninggal dunia, tanggungan tirtayatra gratis, bantuan gedung hingga pegawai dari Dinas Sosial.

“Sekarang sudah bagus sekali, tunjangan sudah naik 25 persen, keringanan pajak bumi bangunan, peningkatan tanggungan kesehatan, pendidikan bagi anak cucu kami, dan juga tirtayatra ke pura-pura rutin setiap tahunnya gratis,” kata dia.

Sesuai data LVRI Provinsi Bali jumlah veteran total 3.274 orang. Sebanyak 2.717 orang di antaranya adalah veteran pejuang, 426 veteran pembela dan 26 orang veteran yang ikut dalam visi perdamaian dunia bersama Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Pihaknya selaku pejuang kemerdekaan yang berjuang tanpa pamrih pun berharap generasi muda dengan segala kemudahannya saat ini dapat mensyukuri apa yang sudah ada. serta tidak lupa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang berguna untuk bangsa.

“Kalau dilihat dari masa perjungan kami dulu dibandingkan dengan generasi sekarang memang jauh berbeda karena perbedaan zaman. Di era kemerdekaan ini generasi muda jangan pernah melupakan sejarah dan tiru semangat juang tanpa pamrih kami di era perjuangan untuk bersaing dengan negara lain,” imbuh dia.

Sementara itu Sekda Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka yang berkesempatan hadir mewakili Bupati Buleleng mengatakan perhatian pemerintah khususnya Pemkab Buleleng kepada veteran sudah sangat luar biasa. Bantuan yang diberikan pemerintah tidak sebatas fasilitas fisik, namun juga bantuan anggaran untuk operasional kegiatan.

Ia pun menilai keberadaan veteran di Buleleng, senantiasa memberikan teladan bagi generasi muda. Khususnya untuk meneruskan nilai-nilai juang kepada generasi muda. Selain itu Sekda Puspaka menyebut pengurus veteran juga dibantu sarana penunjang seperti kantor LVRI dan kendaraan operasional. “Selalu kita upayakan apa yang diperlukan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Puspaka.*k23

Komentar