nusabali

KKC Sasar Sekolah Swasta

  • www.nusabali.com-kkc-sasar-sekolah-swasta

Beasiswa yang disediakan untuk SD sebesar Rp 800.000 per siswa per tahun dan untuk SMP Rp 1 juta per siswa per tahun.

6 SD dan 5 SMP Swasta di Karangasem Dapat Jatah


AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem mengagendakan menyasar siswa SD dan SMP swasta, agar dapat KKC (Kartu Karangasem Cerdas) di tahun 2018. Selama ini untuk SD Negeri telah merealisasikan 14.887 KKC tersebar di 365 SD se-Karangasem. Tujuan pemberian KKC untuk sekolah swasta, agar terjadi pemerataan bantuan, untuk siswa kurang mampu.

Sebanyak 6 SD Swasta dan 5 SMP Swasta, nantinya jadi objek verifikasi. Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika didampingi Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikpora I Nyoman Selatra mengungkapkan hal itu di sela-sela sosialisasi program KKC di hadapan Kasek SD Negeri se-Karangasem di Aula Kantor Disdikpora Karangasem, Sabtu (27/1).

Enam SD Swasta yang jadi sasaran verifikasi untuk kebagian KKC: Kecamatan Karangasem sebanyak 3 SD, Kecamatan Bebandem sebanyak 2 SD dan Kecamatan Sidemen sebanyak 1 SD. Sedangkan jenjang SMP sebanyak 5 SMP Swasta: Kecamatan Karangasem sebanyak 4 SMP Swasta dan Kecamatan Manggis sebanyak 1 SMP Swasta.

Beasiswa yang disediakan untuk SD sebesar Rp 800.000 per siswa per tahun dan untuk SMP Rp 1 juta per siswa per tahun. Sebab pengakuan untuk sekolah negeri dengan swasta sama, sama-sama membangun pendidikan. "Jadi program jangka panjang semua siswa baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta dari keluarga kurang mampu kebagian KKC," katanya.

Sedangkan untuk 365 kasek SD, diingatkan agar 14.887 siswa yang kebagian KKC diawasi penggunaannya. Apalagi dananya telah terealisasi, dibayar tunai tahap I Rp 400.000, dan masih di rekening Rp 400.000. Penggunaannya agar jelas, sesuai kebutuhan sekolah.

"Begitu ada siswa ketahuan, baju atau celananya robek, agar diingatkan, membeli pakaian dengan menggunakan dana di KKC," katanya. Tercatat KKC yang telah dibagikan di delapan kecamatan: Sidemen sebanyak 1.350 KKC, Kubu sebanyak 3.229 KKC, Rendang sebanyak 878 KKC, Manggis sebanyak 1.392 KKC, Selat sebanyak 937 KKC, Bebandem sebanyak 1.631 KKC, Abang sebanyak 3.174 KKC dan Karangasem sebanyak 2.296 KKC.

Penerima KKC terbanyak dari SD Negeri 6 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu sebanyak 217 KKC, disusul SD Negeri 1 Nawekerti sebanyak 136 KKC dan SDN 3 Budakeling sebanyak 115 KKC.

Kasek SD Negeri 3 Rendang I Nyoman Suwen berjanji melakukan pengawasan terkait pencairan KKC tahap II. "Memang selayaknya dana KKC untuk keperluan siswa, memenuhi kebutuhan sekolah," jelas I Nyoman Suwen. *k16

Komentar