nusabali

Badung Anggarkan Rp 50 Juta Per Rumah

  • www.nusabali.com-badung-anggarkan-rp-50-juta-per-rumah

Pemkab Badung mengalokasikan dana sekitar Rp 100 miliar di 2018 untuk program bedah rumah di enam kabupaten se-Bali.

Bantuan 2.000 Bedah Rumah di 6 Kabupaten   


MANGUPURA, NusaBali
Seperti ditegaskan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, pemkab akan membantu sebanyak 2.000 unit.Enam kabupaten yang disasar adalah penerima bantuan penyisihan pajak hotel dan restoran (PHR) seperti Kabupaten Bangli, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Jembarana, dan Buleleng.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Badung I Made Wira Darmajaya, menyatakan untuk merealiasikan program bedah rumah tersebut alokasi anggaran sudah disiapkan. Kini tinggal menunggu tindak lanjut dari kabupaten penerima saja, karena anggaran baru bisa cair setelah ada pengajuan proposal.

“Kalau kami dari penganggaran sudah ada, namun realisasinya menunggu masing-masing kabupaten penerima. Untuk masalah itu kami tidak bisa intervensi,” ungkap Wira Darmajaya, Senin (22/1), di kantor Bappeda, Puspem Badung di Sempidi, Kecamatan Mengwi.

Baru nanti setelah ada pengajuan ke Bupati Badung, selanjutnya dana akan langsung ditransfer ke daerah penerima. “Yang jelas mekanismenya sudah ada, jatah masih-masing daerah sudah diberikan. Sekarang tunggu tindaklanjut dari masing-masing kabupaten,” tegas mantan Sekwan Badung itu.

Sayangnya disinggung nominal anggaran bantuan bedah rumah untuk enam kabupaten tersebut, pejabat asal Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, itu mengaku tak hafal persis. Menurut dia secara teknis langsung di bawah leading sector Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Badung.

Sementara Kepala BPKAD Badung Ketut Gede Suyasa, menjelaskan nominal masing-masing penerima bantuan bedah rumah senilai Rp 50 juta. Perhitungan sederhana bila satu rumah seharga Rp 50 juta, jadi total pemkab menyiapkan sedikitnya Rp 100 miliar untuk merealisasikan program ini.

“Masing-masing sudah ada jatahnya, Kabupaten Karangasem sebanyak 450 unit, Buleleng ada 450 unit, Klungkung ada 250 unit, Bangli ada 250 unit, Tabanan juga 300 unit, dan Jembrana total ada 300 unit,” ungkapnya.

Untuk diketahui, di Badung program bedah rumah sudah bergulir sejak tahun 2016. Tahun pertama program digulirkan total ada 625 rumah tangga sasaran (RTS) menerima bantuan. Sedangkan pada 2017 total ada 150 RTS yang menerima bantuan. *asa

Komentar