nusabali

Tempat Belajar TK Negeri Terancam Ambruk

  • www.nusabali.com-tempat-belajar-tk-negeri-terancam-ambruk

Ruang belajar TK Negeri Tabanan di Banjar Kedampal, Desa/Kecamatan Kerambitan, Tabanan terancam Ambruk.

TABANAN, NusaBali

Setelah tiga bulan sebelumnya kondisi senderan di lokasi TK itu terkikis, kini senderan tersebut sudah ambles. Sehingga ruang belajar dipindahkan karena rawan bencana. Ruang belajar ini sejatinya aula TK, karena tahun ajaran 2017 mendapatkan siswa dengan jumlah banyak maka dipergunakan kelas. Kondisi senderen terkikis sejak tahun 2015 tetapi masih bisa digunakan belajar.

Hanya saja sejak dua minggu sebelumnya karena senderan amblas. Amblas karena lokasi TK dikelilingi pangkung sedalam 15 meter. Sehingga ruang belajar itu tidak dipergunakan dan ditakutkan membahayakan proses belajar-mengajar.

Kepala TK Negeri Tabanan Ni Made Gantiasih membenarkan senderan ruang kelasnya itu terkikis sedikit demi sedikit oleh hujan deras mengguyur belakangan ini. Sehingga ruang kelas tidak berani dipakai. "Kami was-was mempergunakan karena bisa bahaya dan juga orangtua siswa tidak menginzinkan memakai ruangan tersebut," ujarnya, Kamis (14/12).

Kata dia, siswa yang semula belajar disana, dipindah ke sebelah timur menjadi satu. Meskipun jumlah siswa lumayan banyak, sekitar 119 orang, tidak membuat proses belajar-mengajar terganggu. "Karena ada tiga ruangan di sebelah timur itu, jadi tidak berdesakan, masih bisa digunakan meskipun juga senderan di sebelah timurnya mulai retak-retak," imbuh Gantiasih.

Atas hal tersebut, pihaknya telah melaporkan hal ini ke komite sekolah. Serta Dinas Pendidikan Kabupaten yang langsung turun untuk mendokumentasikan. "Katanya ini akan mendapatkan anggaran perbaikan sekitar Rp 200 juta di tahun 2018. Tetapi saya rasa itu tidak cukup karena pondasi yang dibuat harus kokoh agar bangunanya tidak ambruk," jelasnya.

Meskipun demikian, dia pun berharap agar cepat ditangani, jangan sampai gedungnya ikut ambruk karena kondisinya masih bagus. "Sebenarnya ini ruang kelas aula, karena banyak dapat siswa kami pergunakan untuk ruang belajar. Tapi sekarang sudah tidak terpakai takut ditempati," beber Gantiasih.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gede Susila, saat dikonfirmasi handphonya tidak aktif. Sebagaimana diketahui, TK Negeri di Tabanan hanya ada dua, pertama TK Negeri Tabanan di Banjar Kedampal, Desa/Kecamatan Kerambitan, Tabanan dan di Banjar Jambe, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan.8d

Komentar