nusabali

Oscar Diminta Boikot Casey Affleck

  • www.nusabali.com-oscar-diminta-boikot-casey-affleck

Casey Affleck pulang dari ajang Academy Awards tahun ini dengan penuh kebanggaan.

JAKARTA, NusaBali

Ia berhasil membawa pulang Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik berkat perannya di Manchester by the Sea. Namun belum tentu saudara Ben Affleck itu bisa tersenyum tahun depan.
 
Pasalnya, sekarang saja dunia maya tengah dihebohkan petisi yang digagas sineas Cameron Bossert untuk memboikot Casey dari ajang Oscar 2018 karena tudingan pelecehan seksual yang dialamatkan padanya. Petisi yang diunggah di Change.org itu ditujukan untuk AMPAS.
 
Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) merupakan penyelenggara Oscar yang belakangan punya presiden baru, John Bailey. Ia menggantikan presiden sebelumnya, Cheryl Boone Isacs.
 
Dalam petisinya Bossert meminta Casey dibandingkan dengan Harvey Weinstein yang juga tengah menghadapi kasus terkait pelecehan seksual dan diblokir dari semua akses Hollywood.
 
“The Academy Awards baru-baru ini sepakat untuk ‘membuang’ Weinstein dari keanggotaannya, tapi tidakkah Anda tahu bahwa terduga pelaku pelecehan seksual lainnya masih akan bergabung di pesta [Oscar] 2018?” Bossert mengawali petisinya, seperti dikutip cnnindonesia dari Independent.

“Tahun lalu meski ada beberapa klaim pelecehan seksual menyerangnya, Casey Affleck memenangi Aktor Terbaik untuk perannya di Manchester by the Sea. Dia dituding melakukan pelecehan seksual oleh dua perempuan yang bekerja dengannya di produksi dokumenter 2010.”
 
Perempuan-perempuan itu, seperti ditulis Bossert, mengaku Casey mengirimi mereka pesan ancaman dan meminta mereka satu kamar dengannya di hotel. Salah satunya bahkan dikunci di luar kamar sehingga Casey bisa berhubungan seks dengan beberapa perempuan lain di dalam.
 
Perempuan yang lain mengaku terbangun dengan Casey di ranjangnya. Menurut tuntutan yang diajukan sinematografer Magdalena Gorka dan produser Amanda White, itu terjadi saat pembuatan film I’m Still Here. Casey menolak tudingan pelecehan itu.

“Konflik itu sudah diselesaikan dan semua pihak, dan tuntutan hukumnya sudah dibatalkan,” demikian kata juru bicara Casey waktu itu, seperti yang dilaporkan Independent.
 
Yang menjadi perhatian Bossert, Casey akan menjadi pembawa piala untuk Aktor Terbaik Oscar tahun depan, karena ia adalah pemenang dari tahun ini. “Dengan tudingan terhadapnya itu, The Academy seharusnya bertindak dan mencabut hak istimewanya tahun ini,” tulis Bossert.
 
Bossert kemudian mengungkapkan pada Senin (6/11) seperti dikutip dari change.org, “CEO The Academy menyatakan bahwa mereka akan memikirkan kegelisahan kita untuk Oscar tahun depan.” *

Komentar