nusabali

Bupati Agus Suradnyana Touring Tirta Yatra ke Punduk Dawa

  • www.nusabali.com-bupati-agus-suradnyana-touring-tirta-yatra-ke-punduk-dawa

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana selaku Ketua Penasehat Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Buleleng melakukan Touring Tirta Yatra mengendarai sepeda motor pada Saniscara Pon Wuku Dungulan, Sabtu (4/11) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Dengan menempuh perjalanan selama tiga jam dari Buleleng menuju Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhtara Mpu Gana di Banjar Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Pantauan NusaBali, saat Touring Tirta Yatra tersebut, Bupati Agus Suradnyana sudah berkumpul bersama para pengurus dan jajaran MGPSSR Buleleng sekitar 35 orang di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Sabtu pukul 07.30 Wita.

Di antaranya hadir Ketua II MGPSSR Buleleng I Gde Putu Satwika Yadnya, Sekretaris/Wakil Sekretaris MGPSSR Buleleng Komang Agung Wiradnyana/Kadek Dharmika Yadnya, Bendahara/Wakil Bendahara MGPSSR Buleleng Kadek Lestara Widyatmika/Komang Suarjaya dan beberapa perwakilan dari MGPSSR setiap Kecamatan se-Kabupaten Buleleng lainnya.

Sesampainya di Wantilan Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Linggih Ida Bhatara Mpu Gana Punduk Dawa, rombongan Touring Tirta Yatra disambut oleh Ketua Panitia Pembangunan, I Gede Muliarsana dan panitia lainnya. Dalam pertemuan penuh keakraban pasemetonan banyak dibicarakan tentang penyelesaian pembangunan pura ke depan agar dapat terselesaikan sesuai rencana dan kelak akan sangat membanggakan warga Pasek sebagai warih Ida Sang Hyang Panca Tirta.

Ketua MGPSSR Buleleng, I Gede Putu Satwika Yadnya mengatakan, kegiatan Touring Tirta Yatra ini serangkaian prosesi Karya Pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana yang puncaknya jatuh saat Pamacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, 6 November. Di mana pada Redite Wage Kuningan, Minggu (5/11) hari ini, akan dilaksanakan Melasti ke Segara (Pantai) Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Klungkung, sekitar pukul 08.00 Wita.

“Untuk itu kami berangkat Sabtu, supaya bisa turut Melasti dan mengikuti prosesi selanjutnya,” ujarnya. Touring dengan menggunakan sepeda motor ini sekaligus untuk refreshing. Lebih lanjut, Gede Satwika menyampaikan beberapa hari sebelum Touring Tirta Yatra pihaknya sempat beraudensi dengan Bupati Agus Suradnyana yang notabene sebagai Ketua Penasehat MGPSSR Buleleng mengenai kegiatan ini. Ternyata mendapat dukungan, bahkan Bupati Suradnyana juga sekaligus turut serta touring. “Beliau sangat mendukung,” ujarnya.

Sebagian besar rombongan itu ada yang langsung makemit di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhtara Mpu Gana. Kata dia, Minggu hari ini akan diserahkan punia untuk pembangunan pura, yang dikumpulkan dari sejebag semeton MGPSSR di Buleleng dengan total Rp 500 juta. Sumbangan itu juga termasuk dari Bupati Buleleng Agus Suradnyana dan Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sutjidra SpOG, yang sama-sama semeton MGPSSR.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengaku kondisi tubuhnya tetap fit saat touring tersebut. Terlebih dirinya memang memiliki hobi naik sepeda motor. Kata dia, memang sebagian besar rombongan dari MGPSSR Buleleng itu langsung makemit di pura, sementara dirinya tinggal di Denpasar. “Besok (Minggu) saya juga ikut melasti,” ujarnya.

“Besar harapan saya sebagai umat dan sebagai warga MGPSSR mengajak seluruh krama, terutama di Provinsi Bali untuk hadir sambil melihat kondisi bangunan Pura di Punduk Dawa,” ujarnya.

Sementara itu, bertepatan dengan Melasti hari ini, juga diisi kegiatan pengobatan medis dan non medis di Wantilan Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhtara Mpu Gana, Minggu (5/10) pagi, yang akan dilakukan oleh oleh Ketua Dewan Penasehat Siwa Murti Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti, yang juga menjabat Bupati Tabanan. *wa

Komentar