nusabali

Marquez dan Dovizioso Tinggal Berjarak 11 Poin

  • www.nusabali.com-marquez-dan-dovizioso-tinggal-berjarak-11-poin

MotoGP Jepang 2017 menjadi milik Andrea Dovizioso (Ducati) setelah melewati duel sengit dengan Marc Marquez (Repsol Honda) sampai putaran terakhir menuju finis.

MOTEGI, NusaBali
Aksi saling salip dari Dovizioso dan Marquez itu membuat balapan di Motegi, Minggu (15/10) siang Wita, benar-benar berlangsung alot sampai akhir. Apalagi balapan ini berlangsung dalam kondisi basah.

Dengan hasil itu Dovizioso kini meraih lima kemenangan sepanjang 2017. Tambahan 25 poin membuat Dovizioso kini punya 233 poin, cuma terpaut 11 poin dari Marquez (244 poin) sebagai pemuncak klasemen sementara. 

Tinggal tiga seri tersisa musim ini, keduanya akan bersaing ketat. Ketiga seri lagi yakni di Phillip Island pada 22 Oktober, Sepang pada 29 Oktober, dan Ricardo Tormo pada 12 November.

Sementara Maverick Vinales dari Movistar Yamaha harus puas dengan tambahan tujuh poin berkat finis ketujuh di Motegi. Vinales kini punya 203 poin, kian jauh dari persaingan.

Satu rider lain yang secara matematis masih berpeluang adalah Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang punya 170 poin, alias terpaut 74 poin dari Marquez dengan tiga seri sisa menghadirkan maksimal 75 poin. 

Namun secara realistis peluang Pedrosa habis seperti halnya Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang terpaku di 168 poin akibat crash di Motegi. Rossi berjarak 76 poin dari Marquez.

Sementara Marquez menikmati benar pertarungannya dengan Dovizioso. Marquez menyebutnya sebuah balapan luar biasa.

"Itu balapan yang luar biasa; dua pebalap yang bersaing di kejuaraan dunia bertarung sampai tikungan terakhir," kata Marquez.

Sedangkan kemenangan Dovizioso diakui tidak lepas dari kesalahan lawannya. Marquez sempat melewati Doviozoso, tapi rider Repsol Honda itu membuat sedikit kesalahan yang membuatnya bisa disalip lagi oleh rivalnya.

"Ia melakukan kesalahan dan saya menikung dengan sempurna di T10. Tapi saya tahu di tikungan terakhir Marc selalu merepotkan. Saya terus berusaha walaupun dia memberi perlawanan sengit. Saya amat gembira,"kata Dovizioso.  ***


Komentar