nusabali

Ratusan Layang-layang Mengudara di Pengambengan

  • www.nusabali.com-ratusan-layang-layang-mengudara-di-pengambengan

Jajaran TNI bekerjasama dengan Pemkab Jembrana menggelar lomba layang-layang di Pantai Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (8/10).

Peringatan HUT Ke–72 TNI 

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 516 layang-layang milik sejumlah sekaa berpartisipasi dalam lomba yang digelar serangkaian perayaan HUT ke–72 TNI.

Ada 11 kategori dalam lomba layang-layang tersebut, yakni, bebean, janggan, pecukan remaja, pecukan, goangan dengan ukuran batasan minimal 1,5 – 2,5 meter. Kemudian kategori bebean, janggan, pecukan, goangan dengan ukuran batasan 3 – 5 meter, serta bebean big size dan pecukan big zise dengan ukuran minimal 6 meter, dan terakhir kategori layangan kreasi. Lomba layang-layang yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita ini dibuka oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, bersama Komandan Batalyon Mekanis 741  Letnan Kolonel Inf Hasan Abdullah .

Ketua Panitia yang juga Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Jembrana I Made Tarma, mengatakan, lomba layang-layang ini, selain dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 TNI, juga guna meningkatkan rasa nasionalisme serta persatuan di antara kelompok masyarakat. Lomba layang-layang sengaja dipilih karena sudah mengakar di masyarakat. Di sampingi itu, layang-layang juga merupakan warisan para tetua 

Yang menjadi unsur penilaian adalah cara terbang, suara goangan, bentuk, termasuk kekompakan masing-masing kelompok. “Jumlah peserta ada sebanyak 516 layang-layang. Ini juga kemarin dipertimbangkan untuk mengadakan lomba layang-layang, setelah sebelumnya sukses diadakan saat pelaksanaan Jembrana Festival II, Agustus lalu,” ucap Tarma. *ode

Komentar