nusabali

Tembok SMPN 1 Sidemen Jebol

  • www.nusabali.com-tembok-smpn-1-sidemen-jebol

Aliran air dari selokan naik memenuhi got dan meluber ke jalan raya, terbuang ke arah barat menuju halaman sekolah.

AMLAPURA, NusaBali
Tembok SMPN 1 Sidemen di bagian barat jebol akibat diguyur hujan lebat disertai banjir, Jumat (6/10). Material tembok jebol sempat menutup sebagian badan jalan penghubung Desa Sidemen menuju Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem. Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem, bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem dan Camat Sidemen langsung ke lokasi melakukan pembersihan.

Selama penanganan, hanya setengah badan jalan difungsikan. Sehingga aktivitas warga tidak terganggu termasuk proses belajar mengajar tidak ada hambatan. Tembok SMPN 1 Sidemen di Banjar Tabola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Karangasem jebol akibat diguyur hujan lebat disertai banjir. Hujan mengguyur Desa Sidemen dan sekitarnya sejak Kamis (5/10) sore hari hingga tengah malam. Akibatnya, jalan penghubung Desa Sidemen menuju Klungkung airnya meluap dan terjadi banjir.

Aliran air dari selokan naik memenuhi got dan meluber di jalan raya, kemudian terbuang ke arah barat menuju halaman SMPN 1 Sidemen. Genangan air tersebut kemudian mendorong tembok panyengker hingga jebol sepanjang 50 meter dan lebar 5 meter menuju ke jalan raya di bagian bawah. Tidak ada korban jiwa, sebab saat kejadian lalulintas sepi. Warga yang hendak pergi ke Pasar Desa Sidemen menyaksikan tembok itu jebol kemudian melaporkan ke Perbekel Desa Sidemen, I Gusti Lanang Oka. Laporan diteruskan ke Camat Sidemen AA Made Agung Surya Jaya dan ke BPBD Karangasem.

Selanjutnya, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa turun bersama anggota BPBD melakukan bersih-bersih menyingkirkan material reruntuhan tembok. Hadir pula Kadis Dikpoora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika untuk memantau bencana serta dampak dari pembelajaran di sekolah itu. “Awalnya hujan lebat hingga air got meluap. Halaman SMPN 1 Sidemen dapat kiriman air hujan, menyebabkan tembok jebol,” jelas Perbekel Sidemen, I Gusti Lanang Oka.

Sementara Kadis Dikpora Gusti Kartika mengatakan, material yang berserakan, rencananya dipilah. Material yang masih bisa dipakai akan digunakan memperbaiki tembok SMPN 1 Sidemen. “Nanti tembok dibangun lebih permanen dan menggunakan sistem terasiring,” terang Gusti Karta. Pihaknya mengimbau anak-anak agar tidak bermain di dekat tembok jebol. Sedangkan Camat Sidemen, Agung Surya menambahkan, setiap hujan lebat, air got meluap kemudian air terbuang ke halaman SMPN 1 Sidemen. “Lokasi SMP lebih rendah darijalan raya Desa Sidemen-Klungkung,” imbuh Agung Surya. *k16

Komentar