nusabali

Dua Siswa SDN 1 Karangasem Bertekad Wakili Bali di OSN 2016

  • www.nusabali.com-dua-siswa-sdn-1-karangasem-bertekad-wakili-bali-di-osn-2016

Dua siswa wakil Karangasem dalam seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Provinsi Bali 2016, I Gede Sadhu Surya Guna (kanan) dan I Kadek Ditya Mahesa Putra. 

AMLAPURA, NusaBali
Dua siswa SD Negeri 1 Karangasem yang mewakili Karangasem dalam seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Provinsi Bali 2016, yakni I Gede Sadhu Surya Guna (mata pelajaran Matematika, skor 45) dan I Kadek Ditya Mahesa Putra (mata pelajaran IPA, skor 21), bertekad melangkah ke tingkat nasional. Berbagai persiapan pun telah dilakukan untuk memenuhi obsesi dua pelajar Karangasem ini.

Keduanya akan berlaga dalam seleksi di OSN Provinsi Bali, Jumat (22/1) bersaing dengan lawan-lawannya dari kabupaten/kota se-Bali. Kepala SD Negeri 1 Karangasem, I Wayan Tirtayasa mengaku optimis mampu meloloskan siswa terbaiknya ke tingkat nasional. 

“Ini saatnya Karangasem melakukan terobosan menggebrak prestasi ke tingkat nasional. Sebelumnya kalangan guru dan kepala sekolah, telah berprestasi nasional, maka giliran siswa juga bersiap menorehkan prestasi yang sama,” tegas Tirtayasa. Selama ini Tirtayasa sendiri yang terjun langsung membina kedua siswa tersebut dalam mata pelajaran Matematika bersama Ni Kadek Tisnawati. Sedangkan guru I Wayan Putra bertugas membina mata pelajaran IPA.

“Kami juga melakukan evaluasi dan membenahi kelemahan dalam lomba-lomba sebelumnya. Dengan harapan agar kekalahan sebelumnya tidak terulang, sehingga mencapai hasil lebih baik,” tambah Tirtayasa. Siswa I Gede Sadhu Surya Guna saat ditemui mengaku lebih percaya diri menghadapi seleksi OSN Provinsi Bali, setelah mendapatkan arahan guru pembinanya. 

“Tentu saja tekad saya agar keluar sebagai juara di OSN Provinsi Bali, mata pelajaran Matematika, sehingga berhak mewakili Bali ke tingkat nasional,” ujar siswa kelas IV/B SDN 1 Karangasem, yang merupakan putra bungsu dari empat bersaudara pasangan I Nengah Oka dan Ni Nengah Sarini ini.

Walau masih duduk di kelas IV, kata alumnus TK Bintang Kejora Amlapura, tidak ada kendala secara teknis. Sementara I Kadek Ditya Mahesa Putra, pemenang OSN Tingkat Kabupaten Karangasem mata pelajaran IPA, juga tak kalah semangat untuk menjadi yang terbaik. Apalagi dalam hal prestasi bidang pendidikan, belakangan Karangasem telah mampu mendominasi di provinsi, bahkan menerobos tingkat nasional. “Itu berarti peserta Karangasem di OSN nanti diperhitungkan. Saya akan buktikan nanti, Karangasem layak menjadi yang terbaik,” ujar siswa kelas V/A putra bungsu dari dua bersaudara pasangan I Nyoman Rencana dan Ni Made Dwiyanti yang bercita-cita jadi dokter ini. 7 k16

Komentar