nusabali

Walau Cacat Fisik, Ni Ketut Raka Semangat Berjualan

  • www.nusabali.com-walau-cacat-fisik-ni-ketut-raka-semangat-berjualan

Kondisi cacat fisik, yakni tanpa tangan dan kaki, Ni Ketut Raka,35, warga asal Dusun Kelemahan, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tetap semangat menghadapi hidup. 

SEMARAPURA, NusaBali
Untuk mengisi hari-harinya, Raka membuka warung di rumahnya. Pada, Jumat (15/1), Raka kedatangan tamu istimewa ke rumahnya, yakni Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta serta istrinya Ayu Suwirta.

Informasi yang dihimpun, Raka yang merupakan anak keempat ini, sudah mengalami cacat fisik sejak baru lahir, sementara semua saudaranya yang lain dalam kondisi normal. Raka sehari-hari tinggal bersama orangtuanya, Wayan Kasti yang usianya sudah uzur. Untuk mengisi waktu, Raka membuka warung makan di rumahnya. “Ayah saya membelikan bahan-bahan dagangan (makanan ringan dan minuman) untuk dijual,” ujarnya di hadapan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Warung tersebut kondisinya sederhana, karena hanya menggunakan ruangan berukuran 3 meter x 2,5 meter yang dipermak sebagai warung. Kegiatan berdagang ini, sudah dilakukan puluhan tahun atau pada saat dirinya remaja. Kata Raka, dalam seharinya ada saja warga yang datang ke rumahnya untuk bebelanja. Untuk proses transaksi dilakukan dengan cara meminta pembeli yang mengambil langsung apa yang diinginkan dan menaruh uang di atas meja. Sementara Raka hanya mengawasi saja. “Di sini memang sedikit yang membuka dagangan, maka yang datang ke sini cukup ramai. Dalam sehari rata-rata bisa 10 orang,” katanya.

Dari hasil berdagang ini cukup untuk membantu pemasukan keluarga. Karena ayah Raka bekerja sebagai petani dengan pengasilan yang juga tidak menentu. Sementara rumah Raka juga cukup sederhana. “Saya tidak mengalami kesulitan untuk membuka warung, walau punya kekurangan secara fisik,” akunya.

Sementara itu rombongan Bupati Suwirta yang terdiri dari Kabag Humas Wayan Parna dan Kadis Sosial IB Anom dan sebagainya, yang melakukan kunjungan kerja di Nusa Penida sempat singgah di warung tersebut. Rombongan Pemkab Klungkung ini sempat berbelanja membeli minuman di warung itu. Ketika itu juga nampak Raka berbincang-bincang dengan Bupati Suwirta beberapa hal, termasuk soal pekerjaannya yang dilakoni tersebut. Melihat keuletan tersebut Bupati Suwirta berjanji bakal membantu Raka untuk mendapatkan rehab rumah. 7 w

Komentar