nusabali

Ular Sepanjang Dua Meter Masuk ke Plafon Kamar

  • www.nusabali.com-ular-sepanjang-dua-meter-masuk-ke-plafon-kamar

Ular jenis Piton sepanjang dua meter dengan ukuran lengan orang dewasa masuk ke dalam rumah warga di Jalan Tukad Batanghari Nomor 117, Panjer, Denpasar Selatan, Senin (18/9) siang.

DENPASAR, NusaBali

Pemilik rumah yang terkejut dengan kehadiran binatang melata itu pun panik ketakutan dan langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar untuk membantu menangkap ular tersebut.

Begitu mendapat laporan ada ular masuk ke rumah warga, tiga orang petugas BPPD Kota Denpasar Pos Juanda pun langsung meluncur ke lokasi. Benar saja, ular berukuran besar tampak berada di plafon kamar rumah tersebut. “Sepertinya ular itu mencari tikus yang ada di rumah tersebut,” ujar Plt Kepala BPBD Kota Denpasar  Made Suprapta saat dikonfirmasi, kemarin.

Menurut Suprapta, meski petugas yang terjunkan sudah berpengalaman menangkap ular, namun kali ini sedikit mengalami kesulitan karena selain ularnya cukup besar juga karena berada di plafon kamar yakni persis di atas tempat tidur. “Kami harus menjebol plafon itu untuk menangkap ular tersebut. Kami juga harus hati-hati. Sekitar 30 menit akhirnya ular tersebut berhasil dikeluarkan dengan mencepit kepalanya,” ujarnya.

Ular tersebut menurut Suprapta, diduga berasal dari semak-semak atau got yang berada sekitar lokas. Dikatakan, belakangan ini memang banyak ular masuk ke pemukiman karena semak-semak sebagai habitatnya semakin berkurang akibat alih fungsi lahan. "Mungkin saja tadi ularnya mengejar tikus masuk ke rumah tersebut, soalnya sampai masuk plafon, ya karena tempat habitatnya juga sudah makin sempit jadi beton makanya mereka bermunculan," ujarnya.

Setelah berhasil dievakuasi, ular tersebut langsung dibawa oleh Tim BPBD Kota Denpasar menuju markas Pos Juanda. “Belakanga ini kami memang sering mendapat permintaan warga untuk menangkap ular yang masuk ke perumahan. Biasanya ular-ular yang kami tangkap tersebut  kami serahkan ke pecinta ular untuk dipelihara,” kata Suprapta. *cr63

Komentar