nusabali

Samar Gantang Siapkan Leak Akasa

  • www.nusabali.com-samar-gantang-siapkan-leak-akasa

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) mengundang penyair Leak, I Gusti Putu Bawa Samar Gantang dalam kegiatan Bunga Rampai Sastra Cinta Damai di Jimbaran, Kecamatan Kuta, Badung, Kamis (14/9) mendatang. 

TABANAN, NusaBali
Secara khusus, panitia meminta Samar Gantang bawakan puisi bertema pencegahan teroris. Terkait undangan itu, seniman asal kota Tabanan itu telah siapkan puisi ‘Sihir Langit’ atau ‘Leak Akasa’.

Samar Gantang saat ini tengah merampungkan puisi terbarunya itu. Sihir Langit atau dalam bahasa Bali yang diterjemahkan menjadi Leak Akasa akan bercerita upaya penanggulangan teroris. Salah satunya dampak teroris yang meledakkan bom di Kuta. Penyair yang kini jadi pamangku ini juga pernah disangka sebagai teroris saat penuhi undangan baca puisi di Afrika gara-gara berjenggot panjang. “Saya sedang selesaikan puisinya. Saat di panggung seperti biasa kebanyakan improvisasi dengan mengingat poin-poin pentingnya saja,” ungkap Samar Gantang di Tabanan, Jumat (8/9).

Selain ‘Sihir Langit’, pensiunan guru ini juga bawakan puisi ‘Pada Langit Tumpah Ratap’. Ia pun mencoba bawakan puisi lawasnya itu di hadapan NusaBali. Meski sudah berusia senja, namun vokal ayah empat anak itu masih tinggi melengking. Dari surat yang ia terima, pada kegiatan Bunga Rampai Sastra Cinta Damai dalam pencegahan radikalisme dan terorisme, Samar Gantang akan bacakan puisi bersama penyair Ni Luh Putu Putri Suastini atau kini popular Suastini Koster. *k21  

loading...

Komentar