nusabali

Takbiran, Umat Muslim Arak Miniatur Islami Keliling Kota

  • www.nusabali.com-takbiran-umat-muslim-arak-miniatur-islami-keliling-kota

Sehari sebelum perayaan Idul Adha, Jumat (1/9), umat muslim di Gianyar menggelar pawai malam takbiran.

GIANYAR, NusaBali
Pawai diikuti 13 rombongan dari sekolah TK dan Madrasah dengan mengarak miniatur islami keliling Kota Gianyar, Kamis (31/8) malam. Pawai dimulai dari depan Masjid Al A'la Gianyar. Sebagian dari peserta mengarak obor. Pawai pun berakhir kembali di depan masjid.

Ketua Panitia Gema Takbir, Nasrulloh Khoirul Azizzi mengatakan, pawai ini merupakan rutinitas tiap tahun sebelum Idul Adha. Selain pawai takbir (ta'aruf) keliling, Nasrulloh mengaku, umat juga melaksanakan gema takbir di masjid agung Al-A'la. "Kami dari Gemma (Generasi Muda Masjid) setiap tahun mengadakan lomba gema takbir, Pawai Ta'aruf dan miniatur," ujarnya.

Sementara itu, Hari Idul Adha 1438 H, Jumat (1/9),  umat muslim melakukan shalat ied pada pagi kemarin. Sesuai rencana sebelumnya, sholat dijaga oleh kepolisian dibantu Satpol PP Gianyar. Pecalang Desa Pakraman Gianyar juga tidak ketinggalan membantu mengamankan jalannya acara.

Biasanya, usai shalat, dilanjutkan pemotongan hewan kurban. Khusus Idul Adha ini di Kota Gianyar, karena bertepatan dengan hari Jumat, maka pemotongan hewan kurban diundur pada Sabtu ini. "Karena bertepatan Jumat'an, maka diundur," jelas Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Gianyar Nurwidyaswanto.

Dijelaskan Nurwidyaswanto, perayaan Idul Adha juga disebut Lebaran haji. Hal ini sesuai riwayat perjalanan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Idul Adha merupakan hari kemenangan dari pengorbanan dengan mengurbankan hewan jantan berkaki empat dan dibagikan kepada yang tidak mampu," jelas Nurwidyaswanto.

Secara terpisah, saat Idul Adha, Jumat kemarin, Babhinkamtibmas Desa Pering Aiptu Wayan Miasa tampak ikut berbaur menyembelih hewan kurban kambing. Di wilayahnya, terdapat sejumlah kelompok yang menyembelih hewan kurban. Di antaranya, di GSM Kaja Tojan Tegal dua ekor sapi dan dua ekor kambing yang dibagikan kepada 165 orang. Selanjutnya di BTN ABRI Tojan Kanginan disembelih delapan ekor kambing untuk 125 orang. Selain itu, penyembelihan juga dilakukan di PT Harapan Jaya Beton Dusun Seme 2 ekor kambing dan seekor sapi untuk dibagikan kepada 165 orang. "Jumlah keseluruhan hewan kurban yang disembelih di Desa Pering tiga ekor sapi, 12 kambing dengan total warga yang menerima daging kambing 475 orang," jelasnya. *nvi

Komentar