nusabali

Kuburan Desa Bantas Terbakar

  • www.nusabali.com-kuburan-desa-bantas-terbakar

Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem mengerahkan lima mobil damkar untuk memadamkan api yang membakar semak seluas 3 hektare.

AMLAPURA, NusaBali

Lahan Kuburan Desa Pakraman Bantas di Banjar Bantas, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, seluas 3 hektare terbakar pada Rabu (30/8) sekitar pukul 11.45 Wita. Kobaran api bisa diredam setelah Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem mengerahkan lima mobil pemadam.

Tiupan angin kencang dari arah selatan menyebabkan lahan cepat terbakar.  Apalagi lokasi kebakaran ditumbuhi semak-semak yang mengering. Tetapi api tidak sampai membakar liang kubur.

Hadir di lokasi kejadian, Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Sutirtayasa mengoordinasikan anggotanya, Camat Kubu I Made Suartana, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa beserta anggotanya.

Camat Kubu I Made Suartana mengemukakan, setelah peristiwa kebakaran tersebut, dalam waktu dekat akan menggelar rapat melibatkan seluruh perbekel dan kelian banjar dinas se-Kecamatan Kubu. Tujuannya melakukan antisipasi agar ke depan kasus kebakaran lahan tidak terulang. “Sebab telah berulang kali terjadi kasus kebakaran lahan di Kecamatan Kubu,” ujarnya.

Paling tidak agar warga tidak sembarangan membuang puntung rokok masih menyala ke semak-semak, atau membakar semak-semak dengan tujuan membersihkan lahan, karena bisa berdampak serius. Menurut Made Suartana, kebakaran kali ini untuk kesekian kalinya di Kecamatan Kubu.

Sebelumnya, Kuburan Desa Pakraman Ulakan, Kecamatan Manggis, terbakar secara misterius. Kayu kepah di Kuburan Desa Pakraman Ulakan terbakar pada Selasa (27 Agustus 2013). Kobaran api muncul dari dalam batang kayu, sementara dari pagi hingga siang tidak ada warga beraktivitas di lokasi kejadian. *k16

Komentar