nusabali

Unipas Fasilitasi Peningkatan SDM Pegawai LPD di Buleleng

  • www.nusabali.com-unipas-fasilitasi-peningkatan-sdm-pegawai-lpd-di-buleleng

Sebanyak 65 orang calon wisudawan Fakultas Ekonomi Universitas Panji Skati (Unipas) Buleleng mengikuti yudisium, Jumat (25/8) pagi kemarin.

SINGARAJA, NusaBali
Dari jumlah tersebut kebanyakan berasal dari instansi perbankan, salah satunya adalah Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Unipas pun membuka kelas khusus untuk menfasilitasi pegawai-pegawai perbankan tersebut dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dekan Fakultas Ekonomi, Unipas Singaraja, I Nyoman Suandana SE MSi, ditemui di sela-sela yudisium megatakan bahwa puluhan mahasiswa jurusan ekonomi yang diyudisium kali ini adalah angkatan pertama sejak dibukanya program kelas khusus tahun 2012 lalu. Kelas khusus yang perkuliahannya berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu ini didominasi oleh pegawai perbankan yang ada di Buleleng. Bahkan 65 persen di antaranya adalah pimpinan maupun pegawai LPD yang tersebar di seluruh wilayah Buleleng.

“Kelas khusus ini kami buka setelah berkoordinasi dengan yayasan dan juga bapak rektor, karena banyaknya permintaan dari masyarakat terutama yang sudah bekerja untuk memperdalam ilmu, selain juga untuk memenuhi persyaratan jenjang karier mereka,” ujar Suandana.

Bahkan setelah berjalan beberapa tahun, perkuliahan yang diikuti oleh pegawai LPD membawa dampak yang besar pada kemajuan LPD yang mereka pimpin. Baik dari jumlah saldo maupun laba setiap tahunnya. Suandana pun menjelaskan dengan program kelas khusus di jurusan ekonomi tersebut juga merupakan ajang pencarian ilmu bagi mahasiswanya.

Tidak hanya dari dosen pengajar saat perkuliahan berlangsung, tetapi juga dari teman-teman sejawatnya dalam satu kelas. “Secara tidak langsung mereka juga belajar dari teman saling berbagi pengalaman saat bertemu di kampus,” imbuh dia. Pihaknya pun berharap sebagai lembaga pelayana masyarakat kedepannya ilmu yang didapatkan di kampus Unipas dapat diterapkan dalam profesi yang dijalani lulusannya.

Dengan tingginya animo masyarakat untuk mengikuti kelas khusus di Unipas, lembaga pun saat ini tengah mengupayakan pembukaan program Pasca Sarjana (S2) untuk jurusan ekonomi. Hanya saja rencana yang dicetuskan tahun 2016 lalu, disebut masih terkendala bank garansi dan juga tenaga pengajar bergelar doktor.

Sementara itu dalam yudisium dan pelepasan sarjana jurusan ekonomi, Unipas tahun ajaran 2016/2017, dari total 65 calon wisudawan, sebanyak 4 orang lulus dengan pujian dengan IPK tertinggi 3,60, 60 orang lulus dengan sangat memuaskan dan 1 orang lulus dengan predikat memuaskan dengan IPK terendah 2,56. *k23

Komentar