nusabali

STIMI Handayani Denpasar Wisuda 230 Lulusan, Fokus Cetak Lulusan yang Siap Kerja dan Berwirausaha

  • www.nusabali.com-stimi-handayani-denpasar-wisuda-230-lulusan-fokus-cetak-lulusan-yang-siap-kerja-dan-berwirausaha

DENPASAR, NusaBali.com - Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Handayani Denpasar menggelar wisuda ke-40 yang dirangkaikan dengan Dies Natalis ke-44 pada Rabu (15/11/2023). Sebanyak 230 lulusan diwisuda dari berbagai konsentrasi ilmu, yaitu Manajemen dan Sekretaris.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Pendidikan Handayani Denpasar Dr Ida Bagus Radendra Suastama SH MHum menyampaikan, bahwa STIMI Handayani Denpasar berkomitmen untuk mencetak lulusan yang siap kerja dan berwirausaha.

"Kita harus tetap fokus dan komitmen dengan menjaga kualitas lulusannya, bahwa mereka sebetulnya harus tetap belajar mandiri. Mereka menjadi pembelajar dan juga menjadi job creater atau pencipta lapangan kerja, tidak hanya pencari kerja," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya melepas para lulusan dengan semangat, bahwa mereka sekarang adalah memulai dari awal, yang bukan berarti selesai studi akan selesai bekerja. Namun, hal ini merupakan awal dari sebuah tanggung jawab besar membawa nama kampus, untuk berbuat terbaik bagi masyarakat dan bangsa.

STIMI Handayani Denpasar merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen pertama di Bali  dan Nusa Tenggara yang menjadi pelopor pada saat itu.

“Terus terang saja sebelum mereka lulus, rata-rata mereka sudah bekerja, sehingga jika diukur dari  keterserapan dunia kerja, sebelum sarjana, mereka sudah bekerja. Jadi, hal ini sebagai sebuah tradisi yang tidak sengaja justru sudah terbentuk di kampus STIMI Handayani Denpasar," paparnya.

Bahkan, lanjutnya  anak-anak mahasiswa semester III sudah mulai mencari kerja sehingga lengkap secara teoritis maupun praktis, yang  dalam hal ini diikuti adik-adik kelasnya.

Tak hanya itu, keterserapan dalam dunia kerja diharapkan kuncinya lulusan STIMI Handayani tidak pilih-pilih kerja dan juga tidak gengsi dulu.

"Ketika masih kuliah itu, mereka mencari sebuah pengalaman, Satu lagi, manajemen khan ilmu yang spektrumnya luas. Jadi, mereka bisa kerja di berbagai hal. Itulah para pendiri kita memilih ilmu manajemen  dibuka dengan spesialislah di sana," tambahnya. 

Untuk itu, berbagai bidang spektrum dimensi pekerjaan dan sebagainya bisa dimasuki oleh lulusan STIMI Handayani Denpasar. 

"Kuncinya dari anak-anak ini adalah  mereka tidak pilih kerja dan  jangan takut gengsi. Ketika mereka sarjana silakan selektif, tapi saat mahasiswa setiap pengalaman kerja sangat bermanfaat," tambahnya.

Terkait kompetensi yang dicetak, disebutkan STIMI Handayani Denpasar merupakan sebagai sebuah Perguruan Tinggi akademik, maka bisa dibedakan menjadi dua meliputi akademik dan vokasi, maka pihaknya tetap bertitik berat pada teori. 

Namun, pihaknya tetap memberikan ruang kepada mereka untuk mengembangkan ilmunya atau meningkatkan menjadi Magister sehingga keluhan masyarakat, yang menyebutkan mereka sudah sarjana tidak bisa apa-apa dapat diatasi dengan baik. Namun, tetap mempertahankan esensi dan filosofi akademik.

"Vokasi dan akademik bedanya adalah 60 persen teori dan satunya lagi praktek. Jika vokasi itu lebih berorientasi pada kesiapan yang digunakan dalam pekerjaan. Jadi, tetap kami bertitik berat pada teoritis. Artinya kita perkaya dengan aspek vokasinya sehingga mereka lebih siap kerja," tegasnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Handayani Denpasar Dr Ida Bagus Radendra Suastama SH MHum (kiri) dalam acara wisuda ke-40 yang dirangkaikan dengan Dies Natalis ke-44 pada Rabu (15/11/2023).-IST

Sementara itu Ketua STIMI Handayani Denpasar Prof Ida Bagus Gede Udiyana SE MSi Ak, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia, khususnya terkait dengan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

"Prinsip dasar dua hal itu yang kami tekankan sehingga daya serapnya cukup baik dan lumayan tinggi, karena mahasiswa semester V sudah bekerja," terangnya.

Lebih lanjut, Prof Udiyana mengatakan, lulusan STIMI Handayani Denpasar demand atau permintaan dunia usaha cukup tinggi, terutama diminta itu sudah memiliki pengalaman kerja.

"Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa itu mampu berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja, dengan mengembangkan ilmu yang diperoleh dari STIMI Handayani Denpasar," pungkasnya.

Wisuda STIMI Handayani Denpasar ini menjadi bukti komitmen kampus untuk mencetak lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan dunia kerja. Semoga para lulusan STIMI Handayani Denpasar dapat meraih kesuksesan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.


Komentar