nusabali

Undiksha Wisuda 581 Mahasiswa

6 Guru Besar Dikukuhkan

  • www.nusabali.com-undiksha-wisuda-581-mahasiswa

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiskha) Singaraja mewisuda 581 mahasiswa dalam wisuda ke-72, pada Kamis (30/11) di Gedung Auditorium Undiksha, Kota Singaraja. Para lulusan dari berbagai jenjang dan program studi ini didorong untuk terus meningkatkan kompetensinya agar mampu bersaing.

Sebanyak 581 wisudawan dari jenjang pendidikan Diploma III hingga Doktor mengikuti prosesi wisuda kemarin. Dalam sambutannya, Rektor Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan MPd menyampaikan, Undiksha telah berupaya mengambil langkah inovatif secara masif dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada mahasiswa dalam perkuliahan mengarah pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

"Kami berharap para lulusan kali ini dapat bersaing melalui keterampilan yang telah diberikan selama perkuliahan dan dapat terus mengembangkan kompetensinya di tengan tantangan serius dalam penyiapan sumber daya manusia," kata dia.

Prof Lasmawan membeberkan sejumlah perkembangan Undiksha pada kesempatan tersebut Secara kelembagaan, Undiksha memiliki 8 Fakultas dan Program Pascasarjana, dengan jumlah mahasiswa aktif termasuk PPG sebanyak 16.921 Dari 611 tenaga dosen yang ada, 362 di antaranya sudah bergelar doktor, 72 profesor, dan 177 sisanya masih magister.  "Kami berharap tahun 2030 semua dosen Undiksha sudah bergelar doktor, sehingga akan zero magister," jelasnya.

Undiksha juga terus berusaha menjadi rumah belajar bagi seluruh masyarakat International baik melalui program bergelar maupun non-gelar. Selain menerima mahasiswa internasional, perguruan tinggi di bentangan Bali Utara ini juga berusaha mengirimkan mahasiswa Undiksha ke luar negeri, seperti melaksanakan kegiatan PPL Luar Negeri, magang, pertukaran mahasiswa baik luring maupun daring.

Salah satu program premium (utama) Undiksha adalah Fast-Track Program (3 tahun di Undiksha mengambil sarjana +2 tahun di MCUT mengambil master) bekerjasama dengan Ming Chi University of Technology, Taiwan. "Dimulai tahun 2021 sampai 2023, kita telah mengirimkan mahasiswa sekitar 27 orang. Beberapa telah menyelesaikan studinya, dan ada juga yang langsung melanjutkan studinya ke jenjang doktor," terangnya.

Selain mewisuda mahasiswa, pada Rabu (29/11) Undiksha juga mengukuhkan enam guru besar baru. Guru besar tersebut yakni Prof Dr Siti Maryam Mkes bidang biokimia, Prof Dr I Gusti Lanang Agung Parwata SPd MPd bidang pengukuran dan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan, kesehatan, dan Kesehatan.

Kemudian Prof Putu Indah Rahmawati SSt Par M.Bis Ph D bidang manajemen pariwisata, Prof Dr I Nengah Suastika SPd MPd bidang Pendidikan IPS, Prof Dr Dewa Gede Sudika Mangku SH LLM bidang hukum internasional, dan Prof Dr I Wayan Mudana MSi bidang kajian budaya. @mzk

Komentar