nusabali

Alfamart Jalan Surapati Nyaris Ludes

  • www.nusabali.com-alfamart-jalan-surapati-nyaris-ludes

Sebelum terjadi kebakaran, beberapa karyawan yang bertugas sempat mendengar bunyi ledakan sebanyak 3 kali dari gudang lantai II.

Karyawan Selamatkan Diri dengan Panjat Tembok dari Lantai 3

DENPASAR, NusaBali
Minimarket Alfamart yang terletak di Jalan Surapati nomor 23 Denpasar Timur, Senin (11/1) sekitar pukul 04.00 Wita nyaris ludes dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang diduga dipicu hubungan pendek arus listrik (Korsleting) tersebut, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. Sebab lantai II sebagai gudang penyimpanan barang ludes, begitupun dengan lantai III yang dijadikan mess bagi para karyawan juga ikut terbakar.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan kebakaran hebat tersebut terjadi pada pukul 04.00 Wita. Api pertama kali terlihat di lantai II yang digunakan sebagai gudang penyimpanan barang-barang stok. Sebelum terjadi kebakaran, beberapa karyawan yang bertugas sempat mendengar bunyi ledakan sebanyak 3 kali dari gudang di lantai II. Bunyi ledakan berturut-turut itu dibarengi dengan keluarnya kepulan asap ke lantai I sebagai tempat penjualan. 

Petugas jaga yang berjumlah dua orang di lantai 1 panik melihat kepulan asap yang sudah mulai masuk ke dalam ruangan penjualan. Kedua pegawai itu langsung lari berhamburan keluar. Mereka terkejut melihat api di lantai II sudah membesar. Keduanya berteriak minta pertolongan sembari meneriaki rekan-rekan mereka yang tidur di mes lantai III. Mendengar teriakan karyawan itu, warga di sekitar lokasi langsung berhamburan. Begitupun dengan para pengguna jalan yang kebetulan melintas. Namun, mereka tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api. 

Para karyawan yang tinggal di mess lantai III juga langsung terbangun. Namun saat itu akses keluar menuju lantai satu sudah dalam keadaan terbakar. Karyawan yang berjumlah 3 orang tersebut menyelamatkan diri dengan memecahkan kaca jendela dan keluar dengan memanjat tembok. Api yang dengan cepat menyambar barang-barang di lantai II tersebut merembet ke lantai III. Seluruh isi stok barang jualan di lantai II yang diduga sebagai sumber api ludes terbakar. 

Beruntung, petugas pemadam kebakaran segera tiba di lokasi sekitar pukul 04.15 Wita dan langsung melakukan penanganan setelah ditelepon warga. Petugas pemadam kebakaran ke lokasi dengan menerjunkan 3 unit mobil pemadam langsung menjinakan api. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 06.00 Wita. Akibat kebakaran tersebut, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar lebih. Pasalnya, barang-barang yang ada di lantai II ludes terbakar, begitupun yang ada di lantai III. Tidak hanya itu, atap bangunan tiga lantai tersebut juga rusak parah. 

Dikonfirmasi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Denpasar Timur, AKP Nyoman Darsana membenarkan peristiwa itu. Namun, ia belum bisa memastikan secara pasti total kerugian. Pasalnya, pihak kepolisian belum menerima laporan resmi dari pihak toko modern itu. “Barang-barang di dalam toko itu kan pemiliknya banyak. Nah, pihak toko masih mendata lebih dalam. Kita belum bisa pastikan total kerugiannya. Hanya saja, pemicunya diduga hubungan pendek arus listrik (korsleting) di lantai II,” imbuh AKP Darsana. 

Pantauan NusaBali di TKP sekitar pukul 08.00 Wita, bangunan Alfamart berlantai tiga itu sudah berantakan. Kerusakan akibat kebakaran tampak jelas di lantai II dan III, sementara lantai I luput dari kebakaran. Polisi terlihat lakukan identifikasi di TKP dan memasang garis polisi (police line). Sedangkan sejumlah karyawan yang hendak masuk shift pagi tampak duduk-duduk di luar toko. Mereka tampak shock dan enggan diwawancarai. Bahkan seorang karyawan bagian humas Alfamart juga bungkam. “Nggak mas, nanti tanya lengkap di kepolisian saja. Di sana nanti sudah jelas,” katanya. 7 da

Komentar