nusabali

Jokowi Minta Tak Diperbesar, Malaysia Minta Maaf

  • www.nusabali.com-jokowi-minta-tak-diperbesar-malaysia-minta-maaf

Insiden tak menyenangkan terjadi pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Buklet Bendera RI Terbalik

JAKARTA, NusaBali
Dalam buku panduan yang disediakan tuan rumah, gambar bendera Merah Putih kebanggaan Indonesia dicetak terbalik. Walhasil, identitas negara Tanah Air ini terlihat seperti bendera Polandia, yaitu putih merah.
 
Presiden Joko Widodo tidak ingin membesar-besarkan soal pencetakan bendera Indonesia yang terpampang terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia.
 
"Saya kira kita menunggu permintaan maaf resmi dari Pemerintah Malaysia, tidak usah dibesar-besarkan," kata Jokowi seperti dikutip Antara di Jakarta Pusat, Minggu (20/8).
 
Terlepas dari itu, Jokowi menegaskan sangat menyesalkan kejadian tersebut, meski menurutnya tidak perlu dibesar-besarkan. Hal itu, kata dia, karena menyangkut sebuah kebanggaan dan nasionalisme bangsa Indonesia.
 
"Kita sangat menyesalkan kejadian seperti itu, tapi tidak usah dibesar-besarkan, kita menunggu permintaan maaf dari Pemerintah Malaysia dalam hal ini karena ini menyangkut sebuah kebanggaan nasionalisme dari bangsa kita Indonesia," katanya.
 
Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani meminta Malaysia menarik buku kenang-kenangan SEA Games 2017 yang mencantumkan bendera Indonesia terbalik.
 
Sementara itu Malaysia menyampaikan permintaan maaf resmi soal bendera Indonesia yang terbalik di buku suvenir SEA Games 2017. Permintaan maaf itu disampaikan oleh Menlu Malaysia, Dato Sri Anifah Haji Aman.

"Atas nama Pemerintahan Malaysia, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengungkapkan penyesalan atas kesalahan yang tidak sengaja yang dibuat oleh panitia penyelenggara Malaysia terkait salah cetak bendera Indonesia," demikian pernyataan dari Menlu Malaysia, Minggu (20/8/2017). Menlu Malaysia juga meminta maaf kepada pemerintah dan rakyat Indonesia.

"Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Dalam hal ini, kami memastikan kepada pemerintah Indonesia bahwa semua tindakan telah diambil untuk mengatasi masalah ini," tambahnya.
 
Menpora Malaysia dan Menpora Indonesia telah bertemu dan permintaan maaf secara lisan juga telah disampaikan atas nama panitia penyelenggara. Malaysia menekankan hubungan baik dengan Indonesia selama ini.

"Kami berharap dan percaya bahwa kedua negara kita akan terus berinteraksi erat dan hubungan kedua negara semakin kuat," tutup Menlu Malaysia. *

Komentar