nusabali

Gagal Menang, Timnas Tetap Puas

  • www.nusabali.com-gagal-menang-timnas-tetap-puas

Tampil menyerang dan menguasai pertandingan, Timnas tetap menyambut positif hasil imbang melawan Thailand di laga pembuka.

SELANGOR, NusaBali

Pertandingan Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand pada laga pertama Grup B cabang olahraga sepakbola putra SEA Games ke-29 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Selasa (15/8), berakhir imbang 1-1. Hasil ini membuat di klasemen sementara Grup B Indonesia dan Thailand, yang berpoin satu, sama-sama berada di bawah Vietnam yang menjadi pimpinan klasemen setelah menaklukkan Timor Leste dengan skor 4-0.

Thailand unggul terlebih dahulu melalui gol Chaiyawat Buran di menit ke-14 babak pertama dan di babak kedua, menit ke-61, Indonesia membalas melalui gol Septian David Maulana dari tendangan penalti. Indonesia sebenarnya menguasai laga sejak peluit pertama dibunyikan. Sampai menit kelima, Garuda Muda bahkan sudah membuat dua kali umpan silang ke pertahanan Thailand.

Namun, Thailand yang tertekan di 10 menit pertama berhasil bangkit. Di menit ke-14, diawali umpan lambung menyilang dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Thailand berhasil melesakkan bola ke gawang setelah bola yang menukik terlepas dari tangkapan penjaga gawang Indonesia Kurniawan Kartika Aji dan dieksekusi sempurna oleh Chaiyawat Buran. Skor menjadi 1-0 untuk Thailand.

Indonesia yang tersengat akibat gol tersebut berusaha membalas. Di babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Beberapa kali sempat merepotkan Thailand, gol untuk Garuda Muda tercipta di menit ke-61 melalui tendangan penalti Septian David Maulana. Penalti itu didapatkan setelah Osvaldo Haay dilanggar oleh bek Thailand ketika melakukan akselerasi di kotak penalti lawan. Skor pun berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga pluit panjang.

Secara keseluruhan, Indonesia berhasil menguasai pertandingan dengan persentase total penguasaan bola 52 persen, membuat dua sepakan ke gawang dan enam tendangan lain tidak menemui sasaran.  "Thailand adalah tim bagus yang memiliki penyerang dan pemain sayap mumpuni. Hasil ini memotivasi kami untuk menjalani laga-laga lainnya," ujar pelatih Timnas Luis Milla.

Dia melanjutkan, dirinya puas terhadap performa para pemain Garuda Muda yang tampil solid meski tidak diperkuat bek tengah andalan Bagas Adi Nugroho yang terpaksa dicoret dari tim SEA Games karena cedera. Namun, hal itu ternyata tidak mengganggu penampilan timnas U-22 di lapangan. Pemain Bali United, Ricky Fajrin, yang sebelumnya kerap mengisi pos bek kiri, bermain bagus sebagai bek tengah menggantikan Bagus. "Ricky Fajrin memang bisa bermain di dua posisi dan dia memiliki tekel yang bersih," kata Milla.

Sementara gelandang timnas U-22 Evan Dimas bersyukur dengan hasil imbang melawan Thailand. Sebab, menurut Evan, ada kendala non-teknis yang dihadapi timnya dalam laga tersebut. "Lapangan cukup licin dan kami juga belum pernah mencoba lapangan. Tadi langsung bermain di sini," ujar Evan, sembari mengingatkan rekan-rekannya agar tidak berpuas diri karena perjalanan di SEA Games 2017, Malaysia, masih panjang.

Berikutnya, Indonesia akan bertanding kembali pada Kamis (17/8) melawan Filipina pada pukul 20.45 Wita. "Laga lawan Filipina akan lebih berat karena kami pasti masih lelah usai laga lawan Thailand," kata Luis Milla.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan laga versus Timor Leste pada Minggu (20/8) serta berhadapan dengan Vietnam dan Kamboja yang masing-masing diadakan Selasa (22/8) dan Kamis (24/8). *ant

Komentar