nusabali

SMKN 1 Singaraja Borong Juara

  • www.nusabali.com-smkn-1-singaraja-borong-juara

Lomba Perpajakan Tingkat Nasional

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak tiga dari empat regu SMKN 1 Singaraja yang dikirim untuk mengikuti Gema Lomba Pajak (GLP) tingkat nasional yang diadakan Undiksha Singaraja bekerjasama dengan Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kanwil Bali, berhasil memborong Juara I, II dan III. Bahkan peraihan juara I ketiga kalinya membuat SMPKN 1 Singaraja berhak membawa pulang piala tetap.

Melalui siswa terbaiknya di jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL), SMKN 1 Singaraja mengirimkan 12 orang siswanya dalam ajang bergengsi tersebut yang dibagi menjadi empat regu masing-masing tiga orang. Dari puluhan peserta tiga regu tim SMKN 1 Singaraja dinyatakan lolos dalam lima besar. Di antaranya Putu Febry Sugiantara, Luh Putu Caniasih dan Putu Indri Kartika Putri siswa kelas XI AKL yang berhasil meraih Juara I, Komang Agnes Suantari, Kadek Sri Wahyuni dan Ketut Peni Tarayani siswa kelas XII AKL dijuara II dan Ni putu Sinta Kharisma Dewi, Komang Yunita Purnama Sari dan Komang Agus Arisadika, siswa kelas XII AKL, sebagai Juara III.

Dalam ajang bergengsi tersebut mereka melalui sejumlah tes yang menyangkut perpajakan. Hingga tiga regu tersebut lolos ke babak final, bersaing dengan SMKN Mas Ubud, dan SMKN 1 Tabanan. Menurut Febry yang ditemui di runag Kepala SMKN 1 Singaraja menjelaskan bahwa lawan terberatnya saat di final adalah dari regu satu sekolah. Selain itu juga dari SMKN 1 Mas Ubud, terutama dalam babak penyisihan saat pertanyaan rebutan.

Sebelum terjun dalam perlombaan mereka mengaku digodok selama satu setengah bulan untuk memperdalam ilmu perpajakan yang dimiliki.

Dua guru pembina mereka yakni Dra Luh Tariani dan Ni Putu Eni Suwarditi mengatakan pembinaan kali ini lebih banyak memberikan peluang bagi mereka untuk memperkaya materi melalui sejumlah refrensi. Baik dari buku maupun internet. “Terutama untuk update masalah peraturan pajak, mereka yang lebih banyak aktif,” ujar Tariani.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Singaraja, Nengah Suteja mengatakan bangga dengan keberhasilan anak didiknya. Apalagi berhasil memborong juara dan membawa pulang piala tetap. Hal tersebut merupakan standar kompetensi dan gambaran kemampuan yang dimiliki oleh siswa SMKN 1 Singaraja. “Kami terus suport dan memberikan ruang kepada anak-anak, ke depannya dengan hasil yang kami peroleh selama ini, akan coba koordinasi dengan Dirjen Pajak agar anak didik kami dapat tembus ke program mereka seperti STAN dan sejenisnya. Toh juga anak didik kami mendalami pajak sejak masuk di sini,” ungkap dia.*k23

Komentar