nusabali

Lomba Gerak Jalan Putra Meriahkan HUT RI Ke-72

  • www.nusabali.com-lomba-gerak-jalan-putra-meriahkan-hut-ri-ke-72

Ribuan warga memenuhi depan Puri Agung Klungkung, Selasa (8/8) pagi. 

SEMARAPURA, NusaBali
Mereka adalah peserta gerak jalan kategori Umum Putra dan suporter masing-masing, dan penonton. Kegiatan ini serangkaian memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017. Gerak jalan dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Wabup Made Kasta. 

Ada 81 regu peserta gerak jalan yang masing masing terdiri dari 17 orang. Mereka wajib menempuh jarak sejauh 17 Km.

Salah seorang panitia lomba Sutarmajaya, peserta tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. “Peserta meningkat dua kali lipat pada tahun ini. Ini menandakan antusiame masyarakat Klungkung untuk memeriahkan HUT RI makin tinggi,” ujarnya. 

Ada tiga kategori regu gerak jalan, yakni tingkat SMA/SMK 31 regu, Ormas dan karang taruna 10 regu dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 40 regu. Anggota DPRD Klungkung dan para Kepala Perangkat Daerah (KPD) juga turut meramaikan jalannya lomba.

Kriteria penilaian lomba yakni kerapian, semangat, waktu, keseragaman gerak, dan keseragaman pakaian. Ada lima kelompok juri disebar sepanjang rute perlombaan. Rute diawali di depan Puri Agung Klungkung menuju ketimur, di Catus Pata berbelok kekiri menuju utara, sampai di Kantor Camat Klungkung selanjutnya belok ke kiri menuju Besang. Lanjut, belok ke kiri menuju Banjar Pegending, lanjut belok kekanan menuju Desa Penasan dan Tihingan.

Dari Tihingan kemudian menuju arah Banjar Banda dan Museum Gunarsa, Desa Takmung, lanjut ke timur menuju Balai Desa Takmung - Desa Gelgel, lalu belok ke utara menuju Desa Kamasan, belok kanan menuju Jalan Rama, belok kiri menuju trafick light Banjar Pande Galiran - Catus Pata, dan berakhir di depan Puri Agung Klungkung.

Pemenang juara I kategori SMA/SMK Putra adalah SMAN 2 Semarapura, Juara I kategori OPD Putra dimenangkan guru/pegawai SMAN 2 Semarapura, Juara I Kategori Ormas/Karang Taruna, dimenangkan Karang Taruna Kelurahan Semarapura Kauh. *wa

Komentar