nusabali

Atasi Lyon, PSG Rebut Piala Prancis

Leverkusen Sandingkan Bundeliga-DFB Pokal

  • www.nusabali.com-atasi-lyon-psg-rebut-piala-prancis

PARIS, NusaBali - Piala Prancis menjadi persembahan terakhir Kylian Mbappe untuk Paris Saint-Germain (PSG), setelah mengalahkan Olympique Lyon 2-1, dalam laga final di Stadion Pierre-Mauroy, Minggu (26/5) dinihari WITA. Dua gol PSG dicetak Ousmane Dembele dan Fabian Ruiz, sedangkan gol Lyon dicetak Jake O'Brien.

Trofi tersebut menjadi yang ke-15 bagi PSG sekaligus persembahan terakhir Kylian Mbappe yang dipastikan hengkang dan kemungkinan gabung Real Madrid pada musim panas ini.

Pada pertandingan itu, Lyon langsung tampil menyerang di awal laga, namun PSG perlahan mulai mendominasi penguasaan bola dan balik menekan pertahanan Les Gones. Hasilnya PSG membuka skor 1-0 pada menit ke-22 melalui gol Dembele. 

Pada menit ke-34, PSG menggandakan keunggulan 2-0. Bola tandukan Fabian Ruiz menyambut umpan Hakimi ditepis Perri. Bola rebound jatuh ke kaki Ruiz dan memasukkan bola ke gawang Lyon.

Usai turun minum pada menit ke-55, Lyon memperkecil ketertinggalan 1-2. Jake O'Brien mencetak gol lewat sundulan usai memanfaatkan umpan sepak pojok Rayan Cherki.

Gol tersebut membuat Lyon bernafsu menyamakan kedudukan, dengan membombardir pertahanan PSG. Namun, PSG mampu menjaga keunggulan 2-1 hingga laga berakhir dan mereka pun jadi juara Coupe de France 2023/2024 (Piala Prancis).

Sementera itu, Bayer Leverkusen berhasil menjuarai DFB Pokal (Piala Jerman) setelah menang tipis 1-0 atas klub divisi dua Jerman Kaiserslautern dalam laga final di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (26/5) dinihari WITA. 

Gol kemenangan Leverkusen dicetak gelandang asal Swiss, Granit Xhaka di babak pertama. Tim asuhan Xabi Alonso itu juga bermain dengan 10 orang setelah Odilon Kossounou dikartu merah pada menit ke-44.

Gelar tersebut merupakan yang kedua bagi Leverkusen musim ini sejak dilatih Xabi Alonso. Juga gelar keempat sepanjang sejarah klub Jerman tersebut. Sebelumnya, Leverkusen juga menjuarai trofi juara Liga Jerman (Bundesliga). Keberhasilan tersebut membuat Leverkusen menyandingkan trofi DFB Pokal dan Bundesliga. ant

Komentar