nusabali

Akhiri Rekor Tak Terkalahkan Leverkusen, Atalanta Juara Liga Europa

  • www.nusabali.com-akhiri-rekor-tak-terkalahkan-leverkusen-atalanta-juara-liga-europa

DUBLIN, NusaBali.com - Atalanta berhasil mengukir sejarah baru dengan menjuarai Liga Europa setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 3-0 di Stadion Aviva, Dublin, Kamis (23/5/2024) dini hari waktu Indonesia.

Ademola Lookman menjadi bintang utama Atalanta dengan hattricknya di pertandingan ini. Gol-gol Lookman pada menit ke-12, 26, dan 75 mengantarkan Atalanta meraih trofi kedua mereka di Eropa, setelah sebelumnya menjuarai Coppa Italia pada musim 1961/1963.

Kemenangan ini juga mengakhiri rekor luar biasa Bayer Leverkusen yang tak terkalahkan selama 51 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Jalan Menuju Juara

Atalanta langsung menunjukkan ambisi mereka sejak awal pertandingan dengan bermain menyerang. Tekanan mereka membuahkan hasil pada menit ke-12 ketika Lookman berhasil melepaskan tendangan keras untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Gol ini semakin meningkatkan kepercayaan diri Atalanta dan mereka menggandakan keunggulan pada menit ke-26 melalui gol Lookman yang kedua. Kali ini, Lookman memanfaatkan umpan Granit Xhaka yang gagal dipotong oleh pemain Leverkusen.

Leverkusen berusaha bangkit di babak kedua, namun Atalanta tetap disiplin dalam bertahan dan bahkan memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-0 melalui gol Lookman yang ketiga pada menit ke-75.

Kekecewaan Leverkusen

Kekalahan ini tentu menjadi kekecewaan besar bagi Bayer Leverkusen. Pelatih Xabi Alonso mengakui bahwa timnya tidak cukup baik di pertandingan ini.

"Hari ini bukan hari kami. Kami harus menerimanya. Sekarang kami punya kesempatan untuk menghilangkan rasa sakit ini," kata Alonso.

Kapten Leverkusen Jonathan Tah menambahkan, "Kita tidak bisa membiarkan kekalahan ini menghancurkan kita. Kami punya pertandingan besar di depan."

Gasperini Bangga, Lookman Bahagia

Di sisi lain, pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini merasa bangga dengan pencapaian timnya.

"Kami bangga sekali karena cara kami juara, kami mengalahkan Liverpool ketika mereka masih memuncaki Liga Premier, Sporting yang juara Liga Portugal dan kini Bayer Leverkusen yang mendominasi Bundesliga,” kata Gasperini.

Sementara itu, Lookman menyebut sukses ini momen terbaik dalam hidupnya.

"Ini malam terbaik dalam hidup saya. Penampilan yang luar biasa yang dipersembahkan tim, kami juara, kami juara, kami juara! Tidak banyak yang bisa dikatakan, tapi ini sungguh fantastis," kata pemain terbaik final Liga Europa ini.

Komentar