nusabali

Dinas Perikanan Badung Lanjutkan Program Gemarikan

  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-badung-lanjutkan-program-gemarikan

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Perikanan terus menggalakkan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kegiatan yang difokuskan menyasar bayi, balita, dan ibu hamil dalam rangka pencegahan potensi stunting tersebut kali ini digelar di Balai Serbaguna Desa Adat Petang, Kecamatan Petang, Rabu (15/5).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan I Nyoman Suardana, Perbekel Desa Petang Dewa Gede Usadi, Kabid Pengendalian Penduduk Dan Penggerakan Dinas P2KBP3A Badung Gede Widarmika, Staf Camat Petang I Nyoman Adi Palguna, JF Pengembang Kewirausahaan Ahli Muda DiskopUKMP Badung Ni Wayan Suriantini, Sekretaris PKK Kecamatan Petang Komang Nirlawati, serta masyarakat penerima program.

Kegiatan Gemarikan ini berupa pemberian paket ikan dalam bentuk fillet ikan nila dan fillet ikan lele yang dimasukkan dalam satu bungkus. Paket ini diberikan kepada masing-masing penerima sebanyak 150 orang.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan Gemarikan di Desa Petang, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan kita di tahun 2024. Kegiatan ini dalam rangka pencegahan potensi stunting, selain juga bertujuan untuk menekan inflasi,” ujar Kepala Dinas Perikanan Badung I Nyoman Suardana.

Suardana melanjutkan, kegiatan Gemarikan merupakan kegiatan dari pemerintah pusat di tahun 2024. Kegiatan yang digelar di Desa Adat Petang ini merupakan kegiatan kedua dari total 10 desa/kelurahan di Badung yang akan disasar pada tahun ini. “Kami ada total 10 desa/kelurahan yang akan disasar. Untuk bulan depan, kami berencana akan menggelar di Desa Blahkiuh, dengan program yang sama penyerahan paket ikan segar,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, selain dalam rangka pencegahan potensi stunting, program Gemarikan ini juga untuk mengembangkan kegiatan terkait dengan ketahanan pangan. Yang mana untuk menyuplai ikan yang akan diberikan pada program ini, Dinas Perikanan mendapat suplai ikan dari hasil budidaya yang ada di masyarakat Kabupaten Badung.

Suardana berharap pemberian paket ikan ini bisa dilanjutkan oleh masyarakat, agar para ibu, wanita hamil dan balita tetap diberikan makan ikan. “Makan ikan penting karena kandungan protein dari ikan sangat tinggi. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut,” katanya. @ ind

Komentar