nusabali

Cegah Stunting, Badung Targetkan 1.060 Paket Gemarikan di 2023

  • www.nusabali.com-cegah-stunting-badung-targetkan-1060-paket-gemarikan-di-2023

MANGUPURA, NusaBali.com - Dinas Perikanan Kabupaten Badung menargetkan 1.060 paket Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pada tahun 2023 sebagai upaya pencegahan stunting.

Program Gemarikan ini sendiri adalah hasil kerja sama TP PKK Kabupaten Badung dan Dinas Perikanan sebagai tindak lanjut SK Bupati Badung Nomor 04/0417/HK/2023 tentang Tim Pelaksana Distribusi Makan Ikan.

Pada Jumat (26/5/2023), sebanyak 176 paket Gemarikan produksi budidaya lokal berhasil didistribusikan kepada keluarga dengan ibu hamil dan balita di Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi. Acara penyerahan paket olahan ikan beku ini dipimpin oleh Ketua TP PKK Badung Seniasih Giri Prasta.

"Saya berharap kerja sama antara Dinas Perikanan dan TP PKK Badung bisa berkontribusi untuk mencegah stunting. Apabila ada warga masyarakat yang memelihara ikan lele dan ikan nila, bisa menghubungi Dinas Perikanan," kata Seniasih di sela acara.

Sebanyak 176 paket Gemarikan yang dibagikan merupakan olahan ikan lele dan ikan nila beku. Kepala Dinas Perikanan Nyoman Suardana mengungkapkan, olahan ikan beku itu disuplai dari budidaya lokal di Kecamatan Abiansemal dan Mengwi.

Seniasih yang juga istri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta meyakini Gemarikan akan mampu membumikan budaya gemar makan ikan ke masyarakat Badung. Di mana, gerakannya dilakukan pertama kali dari hulu yakni sebelum kelahiran melalui asupan nutrisi ibu hamil dan anak-anak balita.

"Hari ini kami membagikan 176 paket olahan ikan beku. Pada tahun 2023 ini, kami menargetkan distribusi paket Gemarikan sebanyak 1.060 di masa titik distribusinya mengikuti koordinasi OPD yang membidangi urusan stunting," tutur Suardana di sela acara.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dimaksud adalah Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P2KBP3A).

Badung dinilai tetap getol menurunkan angka stunting meskipun sudah masuk sebagai salah satu daerah dengan angka stunting terendah di tanah air. Hingga Maret 2023, Pemkab Badung menyebut sudah mampu menekan angka stunting di 6,6 persen dan melampaui target nasional di 8 persen, dan Provinsi Bali di 7 persen. *rat

Komentar