nusabali

Pj Bupati Gianyar Lepas Kontingen PEDA KTNA

  • www.nusabali.com-pj-bupati-gianyar-lepas-kontingen-peda-ktna

GIANYAR, NusaBali - Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa melepas peserta Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Gianyar Tahun 2024 di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Rabu (8/5).

PEDA KTNA merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali yang dimulai sejak tahun 1973. Wahana tukar menukar informasi dan pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama para petani dan nelayan. KTNA Gianyar menurunkan 38 personel mengikuti PEDA.

PEDA KTNA XXVII tahun 2024 sangat istimewa karena Kabupaten Gianyar ditunjuk sebagai tuan rumah. Kontingen KTNA Gianyar diharapkan dapat memberikan informasi yang benar dan sebaik-baiknya tentang Kabupaten Gianyar kepada peserta dari kabupaten/kota lainnya. Dewa Tagel mengatakan, tantangan pembangunan pertanian dewasa ini adalah alih fungsi lahan pertanian dan rendahnya minat generasi muda di bidang pertanian. 

“Guna menjawab berbagai permasalahan yang ada, perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia pertanian utamanya petani, petugas atau penyuluh yang harus terus ditingkatkan melalui kegiatan pelatihan maupun pertemuan-pertemuan berskala regional maupun nasional,” ungkap Dewa Tagel.

Melalui kegiatan PEDA KTNA ini diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab, dan kemandirian pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Penyelenggaraan PEDA KTNA sebagai wadah memvisualisasikan kreativitas dan inovasi mengelola potensi pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan dengan berbagai teknologi tepat guna dan juga modern. 

Diharapkan terjadi interaksi di antara pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan dengan para pemangku pembangunan pertanian baik pemerintah, pengusaha pertanian swasta, BUMN, pakar dan pemerhati pertanian serta lembaga penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan di pedesaan. 

“Setelah selesai mengikuti PEDA hendaknya saudara dapat menerapkan berbagai teknologi terkini yang diperoleh selama kegiatan yang diyakini dapat meningkatkan produktivitas usaha tani di lapangan,” ujar Dewa Tagel. Sementara itu, I Made Arsa Wijaya selaku Ketua Kontingen KTNA Kabupaten Gianyar mengatakan kontingen Gianyar memikul 2 tanggung jawab besar. 

“Tanggung jawab sebagai kontingen dan sebagai tuan rumah di mana PEDA KTNA yang ke-27 dilaksanakan di areal Pura Samuantiga. Kami mohon arahan, tuntunan, dan bimbingan Bapak Pj Bupati agar kedua tanggung jawab besar tersebut dapat kami emban dengan baik sehingga dapat berjalan dengan sukses. Sukses sebagai tuan rumah dan sukses sebagai kontingen,” harap Arsa Wijaya.

Kontingen Kabupaten Gianyar berjumlah 38 orang. Dari semua sub sektor pertanian sudah terwakilkan untuk mengikuti PEDA KTNA. “Kami juga sudah dibekali pengetahuan oleh pendamping di bawah naungan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar sehingga kami ada bekal untuk mengikuti PEDA KTNA,” ujar Arsa Wijaya. 7 nvi

Komentar