nusabali

Siswa SMAN 2 Amlapura Juara Fotografi FLS2N Bali

  • www.nusabali.com-siswa-sman-2-amlapura-juara-fotografi-fls2n-bali

AMLAPURA, NusaBali - Siswa kelas XI/8 SMAN 2 AmlapuraI Putu Pradnya Adi Putra menjuarai FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Provinsi Bali tahun 2024. Dia pun berhak maju ke FLS2N Tingkat Nasional.

Berbekal kamera pinjaman, Putu Pradnya berhasil menyingkirkan pesaingnya berasal dari 9 kabupaten dan kota se-Bali. “Saya bisa juara berkat ketekunan belajar mandiri dalam fotografi. Sejak kelas 2 SD,” jelas Pradnya di ruang kerja Kasek SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Senin (6/5).

Selama FLS2N Provinsi Bali, 2-4 Mei, di mengikuti lomba dengan kriteria lomba memotret bangunan dan kehidupan masyarakat. Dia memilih objek foto di Jalan Gajah Mada, Denpasar, dengan objek bangunan arsitektur Bali dan dikombinasi arsitektur Belanda. 

Dia memotret 532 kali, hanya dipilih 9 foto, dan hasil karya itu mesti bercerita. Nantinya Putu Pradnya mengikuti FLS2N Tingkat Nasional, 20 Juli. “Pertama saya masuk semifinal FLS2N Tingkat Nasional, selanjutnya jika masuk 10 besar, diundang ke Jakarta untuk kembali berlomba,” jelas alumnus SMPN 5 Amlapura ini.

Siswa kelahiran 8 Juni 2007 mengataka peserta yang berhak ke FLS2N Tingkat Nasional adalah peraih juara I dan II. Juara II lomba fotografi dimenangkan Putu Meera Laksmita Wihari dari SMAN 1 Singaraja.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa kaget ternyata memiliki siswa berbakat bidang fotografi. “Kami memiliki guru pembina bidang fotografi, sehingga bakat siswa  bisa dioptimalkan. Saya berharap bisa tembus 10 besar nasional,” harap Puja Astawa.

Kata dia, sebagai fotografer mesti bersabar menunggu momen yang tepat dalam hal membidikkan lensanya. Gambar  pun akan dihasilkan lebih hidup dan bercerita. Guru pembina bidang ini, I  Nengah Agus Suryanata.

Untuk diketahui, Karangasem meloloskan 3 siswa ke FLS2N Tingkat Nasional, dua lagi dari SMAN 1 Amlapura.

Kedua siswa itu meraih juara II, masing-masing, Putu Ayu Ningsih nomor lomba membaca puisi dan Ida Ayu Jyoti Pidada nomor lomba menulis puisi. Guru pembina dari SMAN 1 Amlapura I Gede Aries Pidrawan mengatakan yang lolos ke FLS2N Tingkat Nasional, juara I dan juara II. 

“Kami memiliki dua siswa yang meraih juara II, berhak lolos ke FLS2N Tingkat Nasional. Kami kembali melakukan pembinaan, agar tampil optimal  di puncak lomba nanti,” jelas Pidrawan.7k16

Komentar