nusabali

Badan Jalan di Batur Selatan Tergerus

Hujan Lebat Melanda Kintamani

  • www.nusabali.com-badan-jalan-di-batur-selatan-tergerus

Kerusakan yang terjadi saat ini berpotensi semakin parah. Terlebih di wilayah Kintamani kerap turun hujan yang memicu terjadinya pengikisan hingga DPT jebol.

BANGLI, NusaBali
Hujan lebat melanda wilayah Kintamani, Bangli, menyebabkan Dinding Penahan Tanah (DPT) di jalur Kintamani - Singaraja, tepatnya di Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Bangli, ambles, Rabu (24/4). DPT ambles juga mengakibatkan badan jalan di sekitar tergerus. 

Agar tidak membahayakan pengguna jalan, petugas telah memasang tanda di titik kerusakan. Camat Kintamani, Ketut Erry Soena Putra mengatakan pihaknya menerima laporan jebolnya DPT sekitar pukul 15.30 Wita. Saat itu kondisi hujan deras di wilayah Kintamani.

Menurut Ketut Erry, sebelumnya diketahui titik tersebut memang ada kerusakan jalan. Hingga pada sore hari saat hujan deras, DPT di ruas jalan itu jebol. "DPT yang rusak juga menyebabkan badan jalan di sekitar tergerus," jelasnya.

Dikatakan, ruas jalan di sekitar sudah beberapa kali diperbaiki. Namun tak berselang lama pasca perbaikan, kondisinya kembali mengalami kerusakan. Bahkan terakhir kali diperbaiki sekitar dua bulan lalu. "Ketika itu ada kerusakan sedikit. Namun sekarang kembali rusak," sebutnya.

Camat asal Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani ini menyampaikan kerusakan yang terjadi saat ini berpotensi semakin parah. Terlebih di wilayah Kintamani kerap turun hujan yang memicu terjadinya pengikisan hingga DPT jebol.

Di sisi lain, di sekitar jalur dipasangi tanda pembatas agar jalan tersebut tidak dilintasi. Pihaknya mengantisipasi dengan memberi tanda agar pengguna jalan lebih berhati-hati.

Kepala Dinas PUPR Perkim Bangli Dewa Ngakan Ketut Widnyana Maya saat dikonfirmasi mengatakan, kerusakan DPT itu sudah dilaporkan. Menurutnya, ada beberapa faktor yang diperkirakan menjadi penyebab kerusakan tersebut. Mulai dari curah hujan yang tinggi hingga tidak adanya jalur pembuangan air.

"Kami sudah koordinasi untuk segera kami tangani dan perbaiki. Anggarannya sendiri bisa memanfaatkan operasi pemeliharaan jalan," kata Dewa Maya.7esa

Komentar